Tips mencari apartemen

Mencari apartemen sewa bukanlah hal yang mudah. Kamu harus melakukan berbagai persiapan terutama jika kamu tak hanya berpindah rumah dijual di Jakarta tapi juga berpindah kota. Untuk itu artikel ini akan menyediakan beberapa tips menyewa apartemen dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa berguna untuk dijadikan acuan dalam mencari apartemen sewaan.
1.      Persempit pencarian
Fokuslah pada satu atau dua lokasi yang kamu sukai. Pikirkan berbagai keperluan dalam pertimbangan, seperti adanya toko – toko atau tempat belanja, moda transportasi yang dibutuhkan hingga tempat ibadah. Kenali dengan berjalan kaki disekitar apartemen.
2.      Buat prioritas
Catatlah keperluan terpenting yang kamu butuhkan didalam tempat tinggal. Seperti kamu dapat menentukan adanya akses sinar matahari, lokasi dekat dengan tempat kuliah atau kerja, adanya jasa cuci baju atau laundry di apartemen tersebut sebagai prioritas. Namun jika kamu sulit untuk menentukan prioritas yang kamu butuhkan, catatlah semua keperluan kamu setelah itu barulah mencari hal yang paling kamu butuhkan
3.      Perhatikan fasilitas
Hampir semua apartemen hanya menampilkan hal – hal yang baik saja kepada calon penyewa. Maka dari itu kamu harus memperhatikan apartemen tersebut dengan seksama, mulai kebersihan kamar, perabotan dan perlengkapan apa saja yang termasuk dalam penyewaan, serta bagaimana dengan biaya parkirnya.
Selain itu kamu juga harus menanyakan soal air, aliran listrik dan saluran pembuangan.
4.      Periksa surat perjanjian sewa
Telitilah dalam memeriksa perjanjian sewa apartemen, jika ada yang kurang jelas segera tanyakan, jika ada yang tidak sesuai mintalah untuk diperbaiki. Setelah melakukan tanda tangan, jagalah surat tersebut dengan sebaik mungkin sehingga jika terjadi suatu kesalahpahaman, kamu memilki bukti dasar yang kuat.
5.      Bertanya pada penyewa lainnya
Meskipun ini sedikit membuat kamu malu, tapi dengan mendapatkan informasi yang sesuai bagaimana rasanya tinggal disana. Pengalaman dari penyewa lain akan membantu kamu mendapatkan gambaran yang sesuai tentang apartemen tersebut.

 

Berikut beberapa tips untuk mencari apartemen sewaan. Semoga bermanfaat bagi kamu yang berpindah tempat dan bingung cara mencari apartemen yang akan kamu sewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *