Pensiunan Guru Mampu Ciptakan Perusahaan Berkat Kegiatan Tanoto Foundation

Masa pensiun tidak selalu menjadi momen yang menyenangkan. Bagi sebagian besar orang, masa pensiun adalah masa yang berat untuk dilalui.

Selain harus berhenti dari rutinitas sehari-hari, penghasilan yang selama ini diterima pun mendadak hilang. Hal sedetilini juga menjadi perhatian Tanoto Foundation. Salah satu hasil dari kegiatan Tanoto Foundation membuat seorang pensiunan guru di Riau untuk mampu produktif mendirikan sebuah usaha.

Guru itu bernama Haji Zamhur. Usai pensiun, ia sempat kebingungan untuk mencari kegiatan baru. Namun, Tanoto Foundation yang didirikan oleh keluarga Sukanto Tanoto membantunya untuk mendapatkan keterampilan anyar hingga ia bisa melahirkan sebuah perusahaan yang memproduksi palet.

Berawal dari kebutuhan pasokan palet di salah satu perusahaan Sukanto Tanoto pada 2002, sejumlah pihak diundang untuk mendapatkan peluang tersebut. Haji Zamhur yang merupakan anggota Program Pengembangan UKM sejak 2001 segera bergerak cepat. Lewat sebuah proses seleksi, ia akhirnya bisa mendapatkannya.

Demi menjaga kualitas, Tanoto Foundation terus mendampingi Haji Zamhur. Ia diajari menghasilkan palet yang memenuhi spesifikasi yang ketat, sampai melatihnya dalam bisnis dan arus kas manajemen agar ketepatan waktu pengiriman dan mutu produk selalu terjaga. Yayasan yang didukung oleh keluarga Sukanto Tanoto ini terus melakukan proses pembinaan dan mentoring.

Manfaat dari dukungan Tanoto Foundation bagi Haji Zamhur sangat besar. Berbeda dengan pensiunan lain, ia malah lebih produktif. Bayangkan saja, sesudah 14 tahun menjalankan usahanya, Haji Zamhur kini telah memiliki dua buah workshop yang terletak di Pangkalan Kerinci dan Pekanbaru.

Berkat kegiatan Tanoto Foundation, Haji Zamhur kini dapat membuka usaha dengan penghasilan mencapai Rp20 juta hingga Rp28 juta per bulan. Jumlahnya malah jauh lebih tinggi dari gajinya semasa menjadi guru. Namun, bukan itu yang utama. Haji Zamhur lebih merasa senang karena ia bisa memiliki usaha yang dapat diwariskan kepada anak-anaknya.

Untuk bisa sukses seperti dirinya, Haji Zamhur juga menyatakan bahwa menjaga nama baik sangatlah penting. Komitmen dan kejujuran berarti penting bagi wirausahawan.

“Penting untuk menjaga nama baik Anda. Jangan berutang uang kepada siapa pun. Dengan pelatihan yang tepat, saya merasakan pemberdayaan untuk bisnis saya,” ucap Haji Zamhur.

Tanoto Foundation yang didukung penuh oleh keluarga Sukanto Tanoto memang aktif dalam pembedayaan masyarakat. Mereka melakukan sejumlah kegiatan untuk membuat seseorang mampu mandiri dalam segi ekonomi. Banyak sekali macam program yang digelar. Paling sering adalah memberi pelatihan dan pendampingan seperti yang dilakukan pada Haji Zamhur. Namun, Tanoto Foundation juga kerap membuka akses kepada masyarakat untuk menjadi mitra di berbagai perusahaan Sukanto Tanoto.

Pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, meyakini bahwa pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat merupakan cara ampuh untuk  memutus rantai kemiskinan di Indonesia.