Kamu Bingung Gimana Caranya Mau Bikin Start-Up? Coba Deh Lakuin Langkah-Langkah Berikut Ini

Saat ini pemerintah sangat gencar untuk memberdayakan dan mengajak para masyrakat yang memiliki passion yang besar untuk mewujudkannya dengan membangun usaha umkm, hingga start-up.

Hal ini dimaksudkan agar tersedianya berbagai lapangan pekerjaan yang lebih luas dan juga bisa membuat seseorang untuk menjalani hidupnya sebagai seorang entrepreneur.

Mengapa harus demikian?

Ingat, saat ini kita sudah masuk ke era MEA sehingga jika seseorang tidak mau mencoba melakukan sesuatu hal yang baru, maka para pekerja asinglah yang akan mendapatkan tempat di negara kita ini.

Siapa tau jika kamu sudah merintis start-up ini, kamu dapat berhasil dan ini bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan sejak lama.

Nah jika kamu sudah membulatkan tekat untuk membangun start-up, namun masih ragu untuk memulai dari mana, kamu bisa mengikuti panduan berikut ini:

 

  • Buat Perencanaan yang Matang & Jelas

Pertama-tama, kamu harus memiliki gambaran mengenai tujuan awal start-up ini dibuat, jika memang masih belum ada gambaran sebaiknya buatlah perencanaan yang matang dan jelas sehingga ketika sudah running kamu bisa tetap berfokus pada apa yang kamu rencakanan.

 

  • Fokus dalam Mengembangkan Start-Up

 

Langkah selanjutnya adalah kamu harus fokus dalam mengembangkan apa yang kamu rencanakan. Kamu bisa memulainya dari apa yang bisa kamu berikan, apakah itu sesuatu yang unik dan baru? Ataukah sesuatu yang memang sudah ada? Kamu bisa mencoba menggali lebih lanjut mengenai hal ini.

Jangan pernah takut akan kegagalan dan masalah, karena itu semua proses dalam menuju kesukesan. Semua pasti ada jatuh bangun, tetaplah fokus, dan optimis dalam mengembangkan start-up.

Dealpos, salah satu startup asli Indonesia yang mengembangkan solusi program kasir berbasis cloud, mengatakan fokus pada produk yang memberikan solusi nyata juga merupakan salah satu pondasi yang harus dimiliki oleh setiap startup yang hendak berkembang.

 

  • Jalin Relasi dengan Baik

Menjalin relasi dengan banyak orang tentu akan sangat menguntungkan, kamu bisa mengenalkan apa yang kamu bangun kepada orang banyak dan mungkin saja ada salah satu dari mereka yang akan menjadi investor untuk start-up yang kamu bangun.

Dengan begitu, ketika kamu sudah cukup mendapatkan modal kamu bisa mengembangkannya lebih baik lagi. Semakin banyak investor yang kamu dapatkan, bukan tidak mungkin kamu bisa sewa kantor untuk menjadi awal dimulainya kesuksesan yang telah kami rintis selama ini.

 

  • Coba Minimalisir Resiko

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba melakukan berbagai analisa yang mendalam mengenai faktor-faktor yang dapat menghambat kamu melakukan pengembangan start-up. Dengan begini kamu bisa meminimalisir resiko yang terjadi.

Memang belum tentu akurat 100%, namun setidaknya kamu telah mencoba dan mendapatkan gambaran mengenai hal-hal kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa terjadi. Pandangan pada masa yang akan datang juga sangat diperlukan untuk membuat apa yang telah kamu bangun tetap survive dalam jangka waktu yang panjang.

Nah begitulah langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk membangun start-up dengan baik, kamu harus yakin dan optimis dalam melakukan segala sesuatu, selamat mencoba ☺.