Mengenal Berbagai Perbedaan Kecepatan Internet

Ingin tertawa rasanya bila mengingat kamu yang tak tahu perbedaan kecepatan internet antara MBps dan Mbps. Membayangkan kamu yang selalu tertipu dengan iklan berbagai provider yang kerap mengeklaim kecepatan internet mereka mampu memcapai 200 Mbps. Padahal setelah kamu pakai, kamu merasa tertipu karena kecepatanya tak pernah sampai segitu. Itu sebenarnya, salah dipemahaman kamu.

Ketika kamu melakukan pegunduhan ataupun pengunggahan suatu file, tentunya kamu membutuhkan kecepatan internet yang dapat bekerja dengan cepat. Karena jika kecepatan internet mu lambat, hal ini tentunya sangat membosankan bagi kamu. Bahkan pekerjaan kamu dapat sedikit terlambat, oleh karena itu kecepatan internet yang manakah yang baik untuk kamu?

Pahami Kecepatan internet antara MBps dan Mbps

Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai kecepatan internet mana yang baik untuk kita gunakan, sebaiknya kita semua perlu mengetahui mengenai jenis atau ukuran kecepatan internet. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak salah paham lagi dan tidak terkecoh, ketika kamu akan memilih kartu kuota saat melakukan pembelian. Antara MBps dan Mbps itu mirip, tapi tak sama. Bahkan bedanya jauh sekali kawan. Berikut jenis ukuran kecepatan akses internet yang harus kamu tahu, kalai KBps itu Kilo Byte per second, Kbps itu Kilo bit per second, lalu MBps itu Mega Byte per second dan Mbps sama dengan Mega bit per second. Nah kalau B itu byte dan b itu bit. 1 byte  sama dengan 8 bit.

Perbandingan  MBps dan Mbps

Byte merupakan ukuran terkecil dari suatu besaran data digital, oleh karena itu kamu jangan terkecoh yah jika kamu menemukan iklan misalnya: paket internet menwarkan dengan kecepatan download up to 200 Mbps. Itu artinya kamu akan dapat kecepatan internet seperti yang tertera. Akan tetapi, jika kamu memahami arti dari satuan kecepatan internet, maka kamu tidak merasa dirugikan bahkan kamu tidak merasa di tipu oleh penjual paket internet tersebut.

Jadi, jika kita hitung 200 Mbps= 200000 kbps, ini sama artinya dengan 200000/8=25.000 KBps atau sama dengan 25 MBps. Jadi, saat kamu mendownload sebuah file, kecepatan per detik dari file yang dapat kamu download maksimalnya adalah 25 MB per detik, bukan 200 Mbps per detik.

Kenapa iklan tersebut lebih memilih menggunakan angka 200 Mbps dari pada 25 MBps? Padahal kecepatan internet dari keduanya adalah sama. Karena iklan tersebut ingin menarik perhatian pelanggan lebih banyak, sehingga mereka mengunakan angka yang lebih besar dari pada angka yang kecil. Karena kebanyakan orang berpikir bahwa angka yang besar itu memiliki kecepatan internet yang besar pula. Hal ini akan berlaku sama pada ukuran kecepatan internet baik Kbps ataupun KBps.

Setelah kamu mengerti cara menghitung kecepatan internet dari sebuah ukuran kecepatan di atas. Diharapkan kamu tidak akan keliru lagi ataupun salah paham dalam memahami kecepatan internet suatu paket internet yang kamu gunakan. Dan hal ini juga dapat di jadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kamu yang akan melakukan pembelian paket internet di kemudian hari.

Jadi kamu tak perlu lagi marah-marah dan merasa tertipu dengan klain dari berbagai provider dengan layanan internet mereka. Mereka tidak salah mencantumkan kecepatan internet yang mereka tawarkan. Hanya saja, pemahaman kita yang salah. Kita menganggap antara MBps dan Mbps itu sama. Padahal sungguh-sungguh berbeda. Ada perbedaan kecepatan internet di situ.