Pahami Komponen dan Cara Kerja dari Pusat Data

Sebuah situs website dapat diakses oleh banyak orang karena website tersebut memiliki pusat data. Dengan menggunakan pusat data membuat sebuah situs website dapat dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Seperti namanya, pusat data, menjadi pusat tempat data-data terkumpul. Kemudian dibagikan ke banyak perangkat komputer melalui jaringan internet. Untuk lebih memahami seperti apa data center, Anda dapat menyimak komponen-komponen dan cara kerja dari pusat data di bawah ini.

Komponen-komponen Pendukung Pusat Data

  1. Ruang Server dan Rak Pusat Data

Sebuah pusat data harus berada di sebuah ruangan yang disebut sebagai server. Di dalam ruang pusat data terdapat rak-rak sebagai tempat server-server tersebut berada. Di sinilah data-data utama tersimpan secara aman dan dapat dibagikan ke beberapa perangkat komputer lainnya.

  1. Koneksi Jaringan Internet

Sebuah pusat data dapat berjalan dengan adanya koneksi jaringan internet. Koneksi jaringan internet untuk pusat data pun harus stabil dan cepat. Mengingat pusat data sebagai “pusat” dari segala data atau informasi, maka koneksi jaringan internet harus berjalan dengan baik.

  1. Konsumsi Energi

Sebuah pusat data dapat berjalan dengan mengkonsumsi energi. Dalam hal ini energi yang dimaksud adalah daya untuk menghubungkan server dari pusat ke banyak jaringan komputer.

  1. Pendingin

Sebuah pusat data yang berjalan dengan adanya pendingin. Pendingin termasuk komponen di dalam pusat data agar ruangan server tidak panas. Mengingat pusat data bekerja selama 24 jam, maka server tentu akan mengalami kenaikan suhu. Dengan adanya pendingin, maka ruangan pusat data menjadi lebih dingin dan suhu server lebih terkontrol.

  1. Ruang Khusus

Sebuah pusat data harus ditempatkan pada ruang khusus. Artinya, pusat data tidak boleh digabung dengan ruangan lain. Sehingga ruangan tersebut khusus untuk menangani atau melayani data-data sebuah perusahaan untuk terkoneksi ke beberapa jaringan komputer.

  1. Keamanan Server

Sebuah pusat data dapat berjalan asalkan memiliki komponen keamanan server yang terjaga. Komponen keamanan server untuk meminimalisir risiko kerusakan dari server pusat data. Sehingga data-data yang ada di ruangan tersebut dapat terjaga dengan baik.

Cara Kerja dari Pusat Data Perusahaan

Dari komponen-komponen pusat data yang dimiliki di atas, maka pusat data dapat bekerja. Komputer yang menjadi pusat data terhubung ke komputer-komputer lainnya. Hubungan tersebut membutuhkan koneksi jaringan internet sehingga data dari komputer utama atau server utama dapat terbagi ke banyak komputer. Dapat dikatakan, penyampaian atau pembagian informasi dapat berjalan selama ada koneksi jaringan internet yang stabil berasal dari pusat data berada.

Itulah enam komponen penting yang harus dimiliki beserta cara kerja data center Indonesia. Dengan komponen yang lengkap, maka pusat data dapat bekerja dengan baik. Sehingga data-data perusahaan yang perlu dibagikan dapat terhubung ke banyak jaringan komputer dengan mengandalkan pusat data yang terbaik.