Aplikasi Ini Bisa Mengubah Ponsel Android Menjadi Remote TV

Perkembangan teknologi yang sangat pesat semakin memudahkan penggunanya. Satu diantaranya adalah perangkat mobile atau ponsel berbasis OS Android. Banyak fitur yang amat menolong pada setiap kegiatan penggunanya ditawarkan oleh sistem operasi yang dikembang oleh perusahaan raksasa Google. Makanya tidak aneh bila pengguna ponsel Android kian meningkat dari waktu ke waktu. Kabarnya ponsel Android dapat berfungsi sebagai remote TV. Lalu, bagaimana cara mengubah ponsel Android menjadi remote TV?

Baca Juga : Mengenal Berbagai Perbedaan Kecepatan Internet

Di dalam ponsel Android terdapat banyak fitur yang amat menolong pengguna, satu diantaranya adalah IR blaster. Fitur ini berfungsi layaknya sensor infra merah yang bisa dipakai untuk mengendalikan berbagai barang eletronik yang lainnya, seperti AC, DVD Player, dan Televisi. Agar bisa memanfaatkan fitur ini, kita memerlukan aplikasi khusus yang tersedia di Google playstore. Berikut ini beberapa aplikasi Android untuk mengubah ponsel Android menjadi remote TV.

Twinone IR Remote adalah aplikasi remote TV yang lumayan banyak digunakan oleh pengguna ponsel Android. Aplikasi ini demikian disukai pengguna sebab menyajikan antarmuka yang simpel dan gampang untuk digunakan. Aplikasi ini memiliki kekurangan dimana pengguna mengalami kesulitan saat mengatur volume TV.

Unified Remote Full adalah aplikasi remote TV yang bisa dimanfaatkan juga untuk home theater. Tak cuma bisa mengendalikan TV biasa juga bisa digunakan untuk remote komputer atau laptop.

Easy Universal Remote TV adalah aplikasi remote TV yang cukup mudah penggunaannya. Berbagai macam merk TV yang bisa dikontrol oleh aplikasi ini, seperti LG, Sony, Panasonic, Samsung, dan sejumlah merek tenar yang lainnya. Sayangnya, aplikasi ini tak bisa digunakan pada merek-merek TV China.

Smart IR Remote adalah aplikasi remote TV yang tidak cuma bisa mengendalikan TV saja, tetapi bisa memakainya untuk mengontrol set top box, AC, DVD Player, dan yang lainnya. Hanya saja aplikasi ini cuma bisa digunakan oleh merek ponsel Android tertentu.

Chromecast adalah aplikasi remote TV yang dikembangkan oleh Google. Disamping bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan perangkat Chromecast lainnya dari Google, aplikasi inipun bisa dipakai pada TV biasa.

Artikel Populer : Langkah Membuat Start Up

Demikianlah 5 aplikasi Android yang dapat mengubah ponsel Android menjadi remote TV. Salah satunya mungkin akan menjadi pilihan Anda.