Mengenal Jenis Gantungan Baju Agar Tidak Salah Fungsi

Banyak dari kita yang memiliki berbagai macam model pakaian dengan bahan yang berbeda – beda namun tidak mengetahui bagaimana cara merawat dan menyimpannya. Salah satu hal yang dianggap sepele namun ternyata juga berpengaruh terhadap pakaian busana adalah cara menggantung dan jenis gantungan baju yang digunakan.

Di pasaran terdapat banyak sekali di jual gantungan baju dengan bebagai jenis dan model yang ternyata disetiap bentuk model gantungan tersebut memiliki fungsi kegunaan tersendiri untuk menggantungkan pakaian. Apa saja fungsi di setiap jenis model gantungan baju? Berikut penjelasannya.

6 Macam Jensi Gantungan Baju

  • Gantungan Dengan Jepitan

Jenis gantungan baju ini sering kita jumpai di departemen store terutama pada bagian busana bawahan. Jeni s gantung dengan jepitan sangat cocok digunakan untuk menggantungkan celana terutama celana dengan berbahan kain yang licin sehingga tidak ada bekas lipatan pada celana, karena celana dijepit pada kedua sisinya.

  • Gantungan Kawat

Gantungan kawat jenis ini memiliki bentuk yang cukup tipis, simple dan ringan. Namun jika Anda ingin beli gantungan baju kawat, belilah dengan yang memiliki lapisan pada kawatnya karena seiringnya pemakaian gantungan kawat akan mengalami pengaratan.

  • Gantungan Kayu

Di pasaran banyak di jual gantungan baju yang terbuat dari meterial kayu. Jenis gantungan kayu ini sangat cocok digunakan untuk pakaian yang tebal dan berat seperti untuk jaket atau mantel. Gantungan baju kayu juga memiliki desain yang berbentuk cekung, dimana cekungan ini berfungsi untuk memberi jarak dan ruangan antara pakaian.

  • Gantungan Dengan Bantalan

 

Jenis gantungan bantalan ini dilengkapi dengan bantalan busa yang digunakan untuk menggantung pakaian seperti gaun atau jas agar kain dan bentuk baju dapat terjaga dan tidak kusut.

  • Gantungan Plastik

Gantungan plastik salah satu jenis gantungan yang banyak dimiliki oleh setiap orang, karena sifat plastik yang ringan. Terdapat dua jenis gantungan plastik yang bisa Anda temukan yaitu gantungan plastik dengan bahan tipis dan tebal. Gantungan plastik dengan bahan tipis ini tentunya mudah patah, jadi sangat tidak cocok jika digunakan untuk menggantung pakaian yang berat. Namun jika gantungan plastik berbahan tebal masih mampu dan dapat digunakan untuk menggantung pakaian seperti mantel.

  • Gantungan Dengan Lekukan Atas

Gantungan jenis ini terlihat sama dengan gantuang biasa seperti gantungan plastik, namun gantungan ini memiliki lekukan pada bagian atas sisi kanan kirinya. Gantungan dengan lekukan atas ini sangat cocok digunakan untuk menggantung tengtop ataupun gaun. Di pasaran Anda bisa menemukan di jual gantungan baju dengan lekukan atas dengan berbagai material seperti dari plastik dan kayu.