Berkarier di IT dan Keuangan Kini Jadi Impian Terbesar Anak-anak

Apa impian pekerjaanmu semasa kecil?

Dilansir dari kumparan, dokter, pilot, polisi, dan guru mungkin menjadi empat profesi pekerjaan yang sangat didambakan oleh anak-anak pada generasi sebelumnya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kini impian pekerjaan anak-anak pun semakin berubah.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih nyatanya sangat mempengaruhi pikiran anak-anak mengenai pekerjaan impian. Pekerjaan IT pun dianggap paling diminati oleh sebagian besar anak-anak berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh jaringan profesional terbesar dunia, LinkedIn.

Dalam memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Minggu (23/7), LinkedIn merilis daftar pekerjaan impian masa kecil. Hasil ini didapat dari survei yang telah dilakukan LinkedIn kepada lebih dari 1.000 responden di Indonesia, termasuk pelajar dan profesional muda yang tak luput berpartisipasi dalam survei ini.

Bukan dokter, suster, pilot, polisi atau bahkan guru yang menduduki peringkat tertinggi daftar impian masa kecil, melainkan jenis pekerjaan yang terkait dengan IT dan keuanganlah yang populer di kalangan pelajar masa kini, termasuk di bidang sains dan teknik.

Hampir setengah dari seluruh pelajar menyatakan bahwa mereka memiliki minat besar terhadap pekerjaan impian tersebut dan hal tersebut memiliki arti yang spesial bagi mereka, dengan lebih dari 30% menyatakan bahwa seseorang atau sesuatu telah menginspirasi mereka.

Hal ini semakin diperkuat oleh dukungan orang tua, 94% merasa didukung penuh oleh orang tuanya, dan mayoritas (89%) memiliki kepercayaan diri untuk mampu meraih impian mereka.

Linda Lee selaku Head of Communications, Southeast Asia and North Asia LinkedIn menuturkan bahwa munculnya evolusi pekerjaan impian menjadi alasan para pelajar lebih tertarik terhadap keterampilan baru.

“Evolusi pekerjaan impian dari masa ke masa menandakan perubahan ketertarikan dan keinginan terhadap kemampuan dan keterampilan baru – seperti contoh kemampuan bidang IT dan finansial yang semakin dibutuhkan saat ini,” tutur Linda.

Tak hanya menampilkan survei mengenai pekerjaan impian saja, tapi LinkedIn juga menginformasikan kepada publik jika banyak dari para pelajar yang gagal untuk bekerja sesuai dengan impian mereka dulu.

Akses finansial (51%) dan akses ke jaringan yang tepat (28%) dilihat sebagai halangan terbesar menuju pekerjaan impian. Hanya sebagian kecil (8%) mengatakan bahwa akses pendidikan merupakan tantangan besar.

Meskipun begitu, Linda menegaskan bahwa kendala ini bisa diatasi dengan kreativitas dan kemampuan para pelajar dalam mencapai impiannya tersebut.

“Kesempatan belajar terbuka luas di zaman yang serba terhubung ini. Para pelajar maupun profesional memiliki kesempatan yang lebih besar jika mampu kreatif dalam belajar dan memanfaatkan berbagai peluang yang tersedia,” ungkapnya.

Dan inilah, deretan profesi impian yang didambakan oleh para pelajar generasi saat ini:

Pelajar:

  1. Wiraswasta atau pengusaha
  2. Spesialis di bidang IT
  3. Akuntan
  4. Bidang finansial atau perbankan
  5. Ilmuwan dan insinyur

Profesional Muda:

  1. Dokter atau suster
  2. Pengusaha
  3. Guru atau dosen
  4. Polisi, tentara atau karier di bidang militer
  5. Ilmuwan dan insinyur

Lantas, adakah pekerjaan impianmu di daftar tersebut?

Sumber : Kumparan.com