Oli Motor Matic Lebih Cepat Berkurang, Kata Siapa? Federal Matic 2x Revolusi Dingin Solusinya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa oli motor matic mengalami penguapan lebih cepat ketimbang motor manual yang membuat oli cepat berkurang. Jika kita tidak mempunyai jadwal penggantian oli mesin secara berkala hal ini tentunya akan merusak mesin motor kita. Ya paling tidak setiap sebulan sekali oli mesin motor matic harus diganti.

Kapan harus ganti oli motor matic?

Ada yang menjawab bahwa ganti oli motor terbaik paling tidak harus dilakukan setiap 2 bulan sekali atau setelah melakukan perjalanan sepanjang 4 ribu kilo meter. Jawaban itu tepat, tetapi tidak bisa menjawab semua persoalan. Sebab memang ada beberapa motor yang nyatanya digunakan dengan jarak dekat dan lama sekali baru menyentuh angka 4 ribu. Jadi sebenarnya, semakin sering motor digunakan untuk jalan jarak jauh, sekalipun belum menyentuh angka rekomendasi. Juga mempertimbangkan kondisi cuaca.

Namun semakin mahalnya harga oli mesin tentu menambah beban pengeluaran. Tentu hal ini memicu kita untuk menambah masa penggantian oli mesin motor. Mungkin jika harga oli mesin masih stabil (murah) kita dapat melakukan penggantian sesuai rekomendasi pabrik. Sekarang apa boleh buat, harga oli yang makin hari makin mahal sehingga memaksa kita untuk memperpanjang masa penggantian oli guna menekan pengeluaran.

Keadaan demikian tentu tidak dapat dibenarkan karena dapat membayakan kinerja mesin motor. Fungsi oli motor sangat vital yaitu untuk melindungi dan mencegah supaya tidak terjadi gesekan antar logam didalam mesin kendaraan. Nah jika kita melakukan perpanjangan masa penggantian oli dikhawatirkan nantinya fungsi pelumasan berjalan tidak sempurna dan menimbulkan gesekan pada logam mesin.

Disadari atau tidak, nyatanya mesin sepeda motor matic lebih cepat panas daripada motor transmisi manual. Dari panas sepeda motor itu tentu akan berdampak pada cepat menguapnya mesin yang pada akhirnya membuat level oli mesin cepat berkurang. Apalagi kita berada di Negara yang beriklim tropis yang membuat mesin kepanasan sepanjang hari akibat udara yang sangat panas. Ditambah dengan pemakaian dalam perjalanan jauh tentu akan membuat mesin over heat karena kepanasan. Hal ini akan sangat berdampak pada system lain seperti pemakaian bahan bakar yang lebih boros.

Dengan demikian terkhusus untuk para pemilik motor matic alangkah lebih baiknya tidak menarik gas lebih jika berkendara jauh saat terik matahari. Setiap 3 sampai 4 jam berkendara sempatkan beristirahat untuk mendinginkan mesin. Karena hal ini lebih baik dan dapat memperpanjang usia motor matic kita.

Sebenarnya pabrik telah memikirkan tentang hal ini. Itulah mengapa kita tidak boleh menggunakan oli sembarangan untuk motor kita. Penting untuk diingat bahwa oli motor matic berbeda dengan motor manual. Ya meskipun oli motor matic ini cenderung lebih mahal. So gunakan selalu merk dan jenis oli mesin untuk motor matic sesuai rekomendasi pabrik agar motorpun lebih awet. Semoga bermanfaat dan see you.

Nah khusus bagi kamu yang menggunakan motor matik, ada oli motor yang cukup rekomendasi banget buat kamu. yaitu oli motor federal matic 2x revolusi dingin. Jenis oli ini menggunakan bahan asli sintetis, yang diketahui sebagai bahan terbaik untuk oli. Tentu berbeda jika menggunakan bahan material. Sehingga dengan menggunakan oli ini, motor akan mengalami pembakaran 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, 2x lebih bandel. Jika tak percaya, silakan buktikan dahulu.