Kenali Ciri-Ciri Bibit Unggul Kelapa Sawit dan Peroleh Varietas Unggulnya

Indonesia mempunyai lahan hijau yang subur dan berpotensi sebagai ladang pertanian, perkebunan, ataupun hutan. Hingga saat ini, potensi perkebunan di Indonesia masih tergolong menjanjikan. Kelapa sawit merupakan salah satu hasil perkebunan yang potensial. Mengapa demikian? Hasil olahan kelapa sawit yang beraneka ragam adalah salah satu alasannya. Minyak kelapa sawit adalah produk olahan utama yang sangat laku di pasaran. Selain segmennya yang potensial, perawatan yang mudah mampu mendukungnya. Sangat menjanjikan, bukan?

Budidaya kelapa sawit bisa menjadi peluang usaha Anda. Kesempatan emas tersebut dapat Anda manfaatkan. Usaha perkebunan potensial dengan pengelolaan yang mudah dapat menjadi modal keyakinan Anda dalam memulai usaha kelapa sawit. Untuk merealisasikan usaha tersebut, perlu untuk memperhatikan kualitas bibitnya. Sudah banyak orang yang jual bibit sawit unggul yang terpercaya. Ciri-ciri bibit sawit unggul ini dapat Anda pahami untuk memudahkan ketika memilih varietasnya.

  1. Bentuk Tunas

Ciri pertama dari bibit unggul dapat dilihat dari mata tunasnya. Bibit sawit berkualitas mempunyai mata tunas normal serta berwarna putih bersih. Sebaliknya, apabila Anda mendapati mata tunas yang cacat ataupu berwarna kecoklatan atau kehitaman, maka bibit tersebut bukanlah bibit bermutu.

  1. Bentuk Anak Daun

Bentuk anak daun juga harus diperhatikan agar Anda tak salah pilih produk. Bibit sawit unggul mempunyai anak daun yang melebar, terhindar dari kusut, dan tidak menggulung. Jika terdapat anak daun yang menggulung, sempit, dan kusut, maka itu bukanlah bibit yang prima.

  1. Tempurung Bibit Sawit

Tempurung berwarna hitam gelap hanya dimiliki oleh bibit sawit kualitas unggul. Dengan demikian, pastikan Anda dapat memperoleh tempurung dengan karakteristik tersebut. Usahakan jangan memilih tempurung yang sudah mengalami kerusakan, seperti retak atau patah, karena dapat berpengaruh pada pertumbuhan pohon kelapa sawit. Bibit sawit unggul juga tidak ditumbuhi serabut dan terhindar dari jamur.

  1. Keadaan Akar Bibit Sawit

Tahap selanjutnya adalah memperhatikan keadaan akar bibit sawit. Saat pertama kali membeli, pastikan bahwa akar bibit sawit tidak terlalu panjang dan mempunyai panjang sekitar 2-3 cm. Jika lebih, dikhawatirkan bibit itu tidak dapat tumbuh optimal karena tua. Akar bibit sawit unggul masih segar, di mana keadaan akar tidak kering dan tidak mudah lepas ataupun patah.

  1. Ukuran Batang Bagian Bawah Bibit (Bongkot)

Ukuran calon batang atau bongkot bibit kelapa sawit juga merupakan acuan dalam memilih produk berkualitas. Umumnya, panjang bibit sawit yang bagus adalah 2-3 meter. Semakin pendek calon batang bibitnya, maka semakin kuat saat sudah ditanam di dalam tanah. Perlu diingat juga bahwa jangan pilih yang terlalu pendek ataupun yang belum ada bongkotnya.

Dengan memperhatikan setiap komponen bibit sawit tersebut, Anda dapat memilih varietas bibit yang benar-benar berkualitas. Setelah memahaminya, Anda dapat langsung memilih bibit sawit unggul dengan memperhatikan kesesuaian ciri-cirinya. Inilah beberapa varietas yang memenuhi ciri-ciri bibit unggul dan bisa Anda pilih.

  1. Bibit Sawit PPKS

Bibit sawit PPKS merupakan salah satu varietas yang dapat dipilih. Bibit ini mempunyai tempurung berwarna hitam gelap dengan mata tunas berwarna putih bersih. Dengan mata tunas yang baik tersebut, bibit ini mampu menghasilkan tandan buah yang segar. Selebihnya, bibit ini dapat tumbuh di manapun, baik tanah yang datar, bergelombang, maupun berbukit.

  1. Bibit Sawit Marihat

Salah satu varietas bibit sawit unggul ini mempuyai karakteristik yang baik. bibit ini mempuyai anak daun yang melebar, tidak kusut, dan tidak menggulung. Selain itu, tempurungnya juga berwarna hitam. Kemampuan adaptasi bibit ini juga tergolong baik, sehingga mampu tumbuh di berbagai tipe lahan.

Demikianlah beberapa varietas bibit sawit unggul sebagai referensi Anda dalam memilih bibit berkualitas. Varietas tersebut juga memenuhi ciri-ciri bibit sawit yang berkualitas dan bisa Anda dapatkan di jasa penyedia bibit sawit unggul.