Lindungi Aset Anda dengan 4 Langkah Sigap Basmi Rayap

Pernahkah perabotan rumah Anda keropos akibat serangan serangga? Pernahkah tiang kayu atau tembok rumah rusak akibat ulah serangga? Rayap adalah nama serangga tersebut. Serangga kecil itu kerap menyerang benda yang berbahan dasar kayu, seperti lemari kayu, meja, kursi, kitchen set, dan lain sebagainya. Benda yang disimpan di tempat lembab juga tak luput dari serangannya. Serangan serangga ini tentunya sangat meresahkan dengan kerugian-kerugian yang ditimbulkan. Furnitur mebel Anda akan cepat rusak akibat keropos yang disebabkan oleh gigitan rayap-rayap tak bertanggung jawab. Lalu, bagaimana langkah untuk mengatasinya?

Untuk mencegah kerugian yang disebabkan oleh rayap, Anda harus segera menghentikan ulah serangga tersebut. Jangan sampai aset Anda mengalami kerusakan yang lebih parah lagi. Selain kerugian secara materi, pemandangan rumah juga akan terganggu dengan keroposnya perabotan rumah. Ganasnya serangan rayap tersebut dapat diatasi dengan bantuan jasa anti rayap. Namun, Anda juga bisa mengambil penanganan awal dengan melakukan 4 langkah sigap berikut ini.

  1. Membersihkan Tempat yang Lembab

Salah satu area yang sering dihuni rayap adalah tempat yang lembab. Oleh karena itu, telusurilah setiap tempat lembab di tempat hunian Anda (rumah, indekos, kontrakan, apartemen) dengan teliti. Pastikan Anda mencarinya dengan teliti. Apabila Anda menemukan tanda-tanda seperti kayu keropos, sudut ruangan rusak, atau tembok yang mengelupas, maka terdapat kehidupan rayap di sekitarnya. Apabila demikian, segera bersihkan semua tempat yang terdeteksi tersebut. Rutinlah dalam membersihkan semua tempat lembab yang ada di sekitar rumah dan perabotannya.

  1. Membersihkan Sarang Rayap

Serangan rayap tergolong ganas. Serangga tersebut mampu menyerang secara berkelompok dan membentuk sarang. Lama-kelamaan sarang tersebut semakin meluas dan berpotensi semakin menimbulkan kerusakan. Segera bersihkan sarang rayap hingga benar-benar bersih. Sapulah semua rayap yang ada di daerah tersebut dan usahakan jangan sampai ada yang tersisa.

  1. Pemberian Kamper (Kapur Barus)

Pemberian kapur barus (kamper) dapat meminimalisir perkembangan rayap. Daur hidup rayap dapat terganggu dan lama-kelamaan akan terhenti dengan pembasmian dengan kamper. Berikan kamper pada tempat-tempat yang sering dihuni rayap, seperti tempat yang lembab, perabotan mebel, dan sebagainya.

Periksa juga seluruh bagian almari, termasuk bagian dalamnya agar tidak menyerang pakaian Anda. Jangan sampai membiarkan rayap menyerang pakaian, terlebih pakaian kerja, seragam, bahkan pakaian favorit. Apabila ada, maka segera keluarkan seluruh pakaian dan bersihkan bagian dalamnya hingga bersih. Berikan kapur barus di dalamnya untuk mencegah rayap datang lagi.

  1. Pemberian Obat Anti Rayap

Langkah sigap yang terakhir adalah senjata pamungkasnya. Apakah itu? Obat anti rayap adalah senjatanya. Anda dapat memperolehnya di jasa penyedia obat anti rayap. Obat ini berpotensi dapat membasmi rayap dengan tuntas, sehingga mata rantai kehidupan rayap bisa diputus tanpa sisa. Langkah ini dapat membantu Anda dalam mengamankan berbagai furnitur berbahan kayu. Cara penggunaan obat anti rayap tersebut adalah dengan meletakkannya di tempat-tempat yang semula menjadi lokasi hunian rayap.

Serangan rayap yang sangat merugikan dapat dibasmi dengan beberapa langkah tersebut. Dengan penerapan seluruh langkah itu, Anda dapat memutus jejak perkembangbiakan rayap. Rumah beserta perabotan Anda akan aman dari serangan rayap. Jadi, mulailah untuk menerapkan langkah efektif basmi rayap dari sekarang. Mari, lindungi aset Anda! Jika perlu bantuan, penyedia jasa basmi rayap siap membantu.