Material dan Teknik Lapisan Perkerasan untuk Jalan Tambang yang Tepat Guna

Setiap aktivitas manusia memerlukan prasarana agar dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai harapan. Jalan merupakan prasarana utama yang sangat diperlukan untuk menunjang terlaksananya berbagai kepentingan manusia, termasuk untuk kegiatan pertambangan. Dalam sektor ini, diperlukan jalur penambangan dengan infrastruktur penunjang berupa jalan yang rata, aman, dan tahan lama. Dengan kualitas jalan yang baik, aktivitas hilir mudik truk penambang akan berjalan lancar.

Untuk merealisasikan lancarnya transportasi di jalur pertambangan, perlu dibentuk jalan tambang dengan kriteria rata, aman, serta tahan lama dan tidak mudah rusak. Perkerasan jalan adalah langkah tepat untuk membuat jalan tambang yang memadai, sehingga mampu menopang kendaraan dengan beban berat. Berikut ini adalah beberapa material perkerasan yang mendukung pembuatan jalan tambang.

  1. Material Terikat

Material terikat adalah materi pengerasan jalan yang dibentuk dengan mencampurkan kapur, semen, dan zat cair lainnya dengan jumlah tertentu, sehingga membentuk ikatan kuat untuk membentuk jalan tambang yang kokoh. Agar lebih efisien, kapur dan semen bisa ditambahkan pada titik-titik tertentu saja.

  1. Material Berbutir

Material berbutir ini berupa kerikil yang diambil dari agregat batuan yang dipecah dengan pemecah batu atau crusher. Mengenai ukurannya, sudah ada standar baku, di antaranya ASTM, AASHTO, NAASRA, dan SNI. Ukuran ini harus ditepati guna menghasilkan kestabilan mekanis dan dapat dipadatkan.

  1. Aspal

Komposisi aspal berupa bitumen dengan agregat yang dicampurkan, dihampar, serta dipadatkan pada kondisi yang masih panas, sehingga lapisannya dapat mengalami proses perkerasan. Penggunaan aspal ini dinilai lebih kuat dan stabil, terutama digunakan untuk jalan tambang yang sering dilalui.

  1. Beton Semen

Selain aspal, jalan yang dibentuk dengan beton semen dikenal mempunyai daya tahan lama. Strukturnya tergolong kuat, sehingga mampu menopang beban dari kendaraan pembawa hasil tambang yang melintas. Beton semen ini merupaka agregat yang dicampurkan dengan semen PC basah. Lapisannya sering digunakan untuk fondasi pada perkerasan kaku.

Selain menggunakan material tersebut, teknik pelapisan pada pembuatan jalan tambang juga harus diterapkan. Hal ini bertujuan agar terbentuk struktur yang kokoh. Inilah beberapa lapis pengerasan jalan yang harus dibuat.

  1. Lapisan Permukaan

Lapisan permukaan merupakan lapisan pertama dalam pengerasan jalan. Lapisan ini berfungsi menahan beban roda yang mempunyai stabilitas tinggi saat kendaraan melintas di sepanjang jalan. Lapisan ini harus memenuhi kriteria, yaitu kedap air agar air hujan tidak meresap ke dalam dan melemahkan lapisan. Lapis pertama ini juga harus mampu menyebarkan beban ke lapisan di bawahnya, sehingga beban yang dipikul dapat merata. Kesimpulannya, lapisan ini harus ada karena perannya yang sangat penting.

  1. Lapisan Fondasi Atas

Lapisan kedua ini mempunyai 3 fungsi utama. Pertama, sebagai penahan gaya melintang yang berasal dari beban roda dan menyebarkannya ke lapisan bawahnya. Fungsi kedua adalah menjadi lapisan peresapan bagi lapisan di bawahnya. Terakhir, sebagai bantalan bagi lapisan permukaan.

  1. Lapisan Fondasi Bawah

Lapisan terakhir ini harus didesain mampu menyebarkan beban roda kendaraan ke daerah tanah dasar, yang merupakan lapisan di bawahnya. Kedua, mempunyai lapisan yang lebih tebal dibandingkan lapisan di atasnya. Ketiga, lapisan ini menjadi tempat peresapan dan menghindari air tanah yang terkumpul di fondasi. Lapisan ini harus segera diselesaikan saat proses pembangunan, dengan tujuan agar segera menutupi tanah dasar dari pengaruh cuaca dan mencegah melemahnya daya dukung tanah saat menopang beban.

Dengan penggunaan jenis-jenis material lengkap serta menerapkan teknik pelapisan pada pengerasan jalan, akan terbentuk jalan yang tepat guna. Jalur transportasi kendaraan pembawa hasil tambang dapat berjalan lancar. Aktivitas pertambangan akan berjalan normal dan tentunya lebih aman. Semua keuntungan tersebut dapat direalisasikan oleh jasa konstruksi terpercaya.