Hukum Qurban Idul Adha bagi Umat Islam

Setelah melalui Hari Raya Idul Fitri, para Umat Islam akan menemui Hari Raya berikutnya yaitu Hari Raya Idul Adha. Apa itu Idul Adha? Lalu bagaimana hukum qurban Idul Adha bagi para Muslim serta Muslimah? Sama seperti Idul Fitri, Idul Adha merupakan Hari Raya besar yang dirayakan oleh umat Islam seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Idul Adha dirayakan selama satu hari dan tanggal penyelenggaraannya termasuk dalam penanggalan merah atau hari libur rutin setiap tahun. Idul Adha dapat diartikan sebagai hari penyembelihan hewan qurban. Hari penyembelihan tersebut jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau sekitar 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri datang.

Banyak yang berpikir bahwa hukum dari menyembelih hewan qurban tidak wajib, khususnya bagi mereka yang memang tidak mampu atau tidak memiliki harta lebih. Menurut banyak ahli dan ulama, sebenarnya hukum qurban Idul Adha adalah sunnah yang mana mendatangkan pahala dan berkah jika dilakukan, namun tidak ada dosa besar bila ditinggalkan. Walau begitu, para ulama menjelaskan bahwa melakukan penyembelihan hewan tidak terpatok akan kepemilikan harta lebih atau tidak, karena Allah SWT mencintai para umatnya yang mau menghabiskan sebagian hartanya dalam kepentingan ibadah. Sehingga dapat disimpulkan, hukum dari penyembelihan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha adalah sunnah bagi Umat Islam, tetapi wajib bagi mereka yang mampu.

Kegiatan qurban sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai berikut:

  1. Penutup Amalan Buruk Kita dan Menambah Pahala

Manfaat pertama adalah sebagai penutup amalan buruk kita dan menambah tabungan pahala. Melakukan qurban dengan niat tulus dan ikhlas akan mengurangi catatan perbuatan buruk. Walau begitu, tentu saja kita sebagai Muslim dan Muslimah wajib menghindari malan buruk selama hidup.

  1. Membangun Silahturahmi

Kedua adalah dapat membangun silahturahmi atau tali persaudaraan antara Umat Islam. Dengan melakukan penyembelihan hewan qurban dan membagikannya seperti yang telah disebutkan dalam hukum qurban Idul Adha berarti kita telah membangun rasa solidaritas, juga saling peduli satu sama lain.

  1. Memberi Rezeki Pada Sesama

Berhubungan dengan manfaat kedua, manfaat berikutnya dari melakukan penyembelihan hewan qurban ialah memberi rezeki pada sesama. Banyak sesama di sekeliling kita yang sulit untuk makan makanan lezat dan bergizi.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban diadakan setelah melaksanakan sholat Idul Adha. Karena bila diselenggarakan sebelumnya, tidak akan sah atau tidak sesuai dengan syariat Islam. Itu dia sedikit ulasan seputar apa hukum qurban Idul Adha dan apa saja manfaatnya. Sekarang banyak jasa penyembelihan hewan qurban terpercaya seperti Global Qurban. Temui banyak informasi mengenai penyembelihan hewan qurban di globalqurban.com. Semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu Anda.