6 Cara Ampuh Perawatan Kulit Wanita Yang Berminyak

Perawatan kulit wanita selalu menyesuaikan dengan jenis dan kebutuhanya. Jika jenis kulit yang dimilikinya adalah jenis kulit yang normal, maka akan berbeda dengan jenis kulit kering. Sama juga dengan pemilik kulit berminyak, maka cara merawat dan penangananya berbeda dengan kulit normal dan kering.

Jenis kulit berminyak lebih mudah terkena jerawat. Hal ini karena pada kulit berminyak, debu dan kotoran lebih mudah menempel. Juag pemilik kulit berminyak pasti tidak nyaman jika melihat wajahnya yang selalu basah. Biasanya jenis kulit yang berminyak dimiliki oleh para remaja yang sedang mengalami puber. Nah, bagia anda yang berpikir bagaimana merawat kulit berminyak tersebut, agar tidak timbul masalah kulit yang lain seperti berjerawat. Anda jangan khawatir karena pada kesempatan ini akan dibagikan beberapa cara merawat kulit berminyak yang terutama dialami para remaja.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Berikut ini kelima cara perawatan kulit berminyak yang dapat anda lakukan untuk mengontrol minyak pada kulit wajah anda adalah :

  1. Membersihkan wajah

Anda dapat merawat kulit wajah anda dengan cara membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang lembut. Pembersih wajah yang keras hanya akan memperbanyak produksi minyak pada wajah anda. Selain itu sebaiknya anda membersihkan wajah anda sebanyak dua kali yaitu pagi dan malam hari, sebab jika terlalu sering membersihkan wajah hanya akan membuat wajah menjadi kering. Pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan seperti : benzoyl peroxidesalicylic acidglycolic acid, atau beta-hydroxy acyd.

  1. Menggunakan pelembab wajah

Terkadang anda beranggapan kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembab. Hal tersebut justru keliru, karena pelembab berfungsi untuk mengkenyalkan kulit wajah dan mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit wajah. Anda sebaiknya menggunakan pelembab yang cocok untuk kulit wajah berminyak yaitu yang bebas minyak.

  1. Menggunakan kertas wajah

Jika kulit wajah anda sangat berminyak, maka anda dapat menghilangkan kelebihan minyak tersebut menggunakan kertas wajah. Kertas wajah tidak menghilangkan kelembaban wajah melainkan menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah anda. Anda dapat melakukannya dengan cara menempelkan kertas wajah ke bagian-bagian kulit wajah yang sangat berminyak dan tekan secara perlahan, jangan digosok.

  1. Menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab terjadinya kulit berminyak. Anda dapat menangkalnya dengan menggunakan tabir surya atau sunblock. Sama halnya dengan pelembab, gunakanlah tabir surya yang memiliki kandungan bebas dari minyak.

  1. Gunakan Masker alami

Jika anda tak tertarik dengan berbagai cara di atas, anda bisa juga menggunakan masker alami yang berguna untuk mengurangi produksi minyak pada wajah, misalnya anda menggunakan masker masu, masker susu dan lain sebagainya. anda juga bisa menggunakan masker alpukat. Hampir semua bahan alami di atas terbukti ampuh mengurangi minyak di wajah.

  1. Menggunakan kosmetik berbahan dasar air

Kosmetik dengan bahan dasar air cocok untuk anda yang memiliki jenis wajah yang berminyak karena membuat kulit wajah anda bebas kilap untuk beberapa saat waktu. Akan tetapi hal itu juga harus diimbangi dengan membersihkan bekas kosmetik dan jangan biarkan menggunakan kosmetik semalaman karena hanya akan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak yang nantinya akan timbul jerawat.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan kulit wanita yang berminyak, khususnya pada area wajah. juga lebih baik jika diimbangi dengan pola hidup yang sehat, banyak mengkonsumsi buah dan sayur.