Orang Terkaya di Indonesia Yang Sukses Setelah Mengalami Kerugian Besar

Dalam membangun sebuah bisnis, pasti ada masa pasang surut. Semua orang tidak ingin mengalami kerugian karena dapat menimbulkan keresahan dan muncul berbagai macam permasalahan. Namun di balik kerugian yang dialami, seorang pengusaha haruslah dapat mengelola dan membangkitkan bisnisnya kembali agar dapat berkembang dengan baik. Berikut ini adalah daftar orang terkaya di Indonesia dan tersukses yang telah berhasil mengembalikan kejayaan pada bisnis yang dimilikinya setelah mengalami beberapa kerugian :

  • Anthoni Salim

Ketika krisis moneter melanda tahun 90an, usaha yang dijalani oleh Anthoni Salim mengalami pasang surut dan menyebabkan utang sebesar 55 triliun rupiah yang harus ia bayar pada saat itu. Untuk menyelamatkan bisnisnya, ia menjual saham perusahaan yang ia punya. Kemudian sisa usaha yang tersisa ia bangkitkan kembali dengan usaha yang keras hingga sekarang ia menjadi salah satu orang paling kaya di Indonesia.

  • James Riady

Perusahaan Lippo Group milik keluarga Riady yang terkenal dan terbilang sukses itu ternyata pernah mengalami masa-masa kelam akibat kerugian yang pernah dialami. James Riady harus melepas beberapa perusahaannya pada saat itu untuk selamat dari kerugian yang dialaminya. Meskipun begitu, James Riady selalu mengembangkan usahanya hingga sukses sampai sekarang.

  • Peter Sondakh

Seorang pengusaha dan juga sekaligus investor ternama ini pernah mengalami kerugian hingga milyaran rupiah. Untuk mengatasi kerugiannya, Peter kerap kali melakukan usaha jual beli perusahaannya agar tidak mengalami kerugian yang mendalam. Begitu usaha yang dikelolanya rugi, ia langsung menjualnya kemudian beralih ke usaha lain yang memiliki potensi lebih menguntungkan.

  • Bob Sadino

Meskipun Bob Sadino sudah meninggal dunia, tetapi semangat kesuksesannya telah menjadi inspirasi untuk semua orang. Ia membangun usaha dari nol dan seringkali mengalami kerugian. Namun ia tidak pernah menyerah untuk terus mengembangkan usahanya hingga sukses.

  • Ciputra

Ciputra adalah pengusaha yang pernah mengalami kerugian dikarenakan adanya krisis yang dialaminya pada tahun 90an hingga perusahaan asuransi yang dijalaninya juga harus ditutup. Namun akhirnya ia bisa menjalankan strategi restrukturisasi dengan baik dan mengatasi segala utangnya. Hingga kini ia telah mendapatkan rekor MURI sebagai wirausahawan terbaik di Indonesia.