Kopi Luwak Sachet Vs Kopi Luwak Asli, Apa Bedanya?

Apa itu manual brewing kopi - MLD Spot

Kopi merupakan minuman favorit hampir semua orang Indonesia bahkan dunia. Anda bisa menemukannya dalam bentuk apa saja, bisa dalam bentuk cappucino, moccacino, hingga kopi hitam. Ada beragam jenis kopi juga yang bisa Anda dapatkan. Ada arabica, robusta, dan yang paling terkenal dan mahal adalah kopi luwak.

Lantas, bila kopi luwak adalah kopi yang paling mahal di antara semua jenis kopi, bagaimana dengan kopi luwak sachet yang dibanderol dengan harga seribuan? Apakah itu benar-benar kopi luwak asli? Coba cek kebenarannya di sini!

Perbedaan Kopi Luwak Sachet dan Kopi Luwak Asli

Sebelum membahas perbedaannya, ada yang perlu Anda tahu dulu tentang kopi luwak. Kopi luwak sebenarnya berasak dari biji yang sama dengan kopi robusta atau arabika. Bedanya, kopi luwak tidak dioleh secara utuh oleh manusia melainkan melalui bantuan hewan bernama luwak atau musang hutan.

Luwak, akan memilih biji kopi terbaik yang telah benar-benar matang tanpa cacat sedikit pun untuk dikonsumsi. Nah, biji kopi tersebut tak bisa dicerna dengan baik oleh hewan satu ini dan akhirnya keluar bersama fesesnya. Dari feses si musang inilah kopi luwak berasal. Dari puluhan ton biji kopi yang dipanen, bisanya tak sampai 1 ton kopi luwak yang didapat.

Nah, untuk perbedaan kopi luwak asli dan kopi luwak sachet, tentu saja bisa Anda temukan dengan jelas bahkan dari hal yang sangat jelas yakni harga. Harga 1 kilogram kopi luwak asli dibanderol dengan harga lebih dari satu juta. Dari 1 kilogram itu, bila dijadikan kopi sachet, dapat berapa?

Kopi luwak sachet biasanya diproduksi dari kopi berkualitas rendah yang berisi 90% trase kopi alias kopi yang telah rusak. Lalu, cara membuat kopi yang enak ini mulai dari penyangraian dan penggilingannya biasanya juga dicampur dengan beras atau jagung sehingga menghasilkan lebih banyak. Kopi luwak sachet juga biasanya diberi tambahan pengawet agar bisa bertahan lebih lama.

Semua ini sungguh berbeda, kan dengan kopi luwak asli? Kopi luwak asli diolah dengan biiji kopi asli yang berasal dari feses luwak yang telah dibersihkan. Proses penggilingannya punĀ  tidak menambahkan apapun. Jadi, murni adalah kopi. Kopi luwak asli juga biasanya tidak menggunakan bahan pengawet dalam pengolahannya.

Bagaimana Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu?

Setelah Anda tahu bahwa kopi luwak sachet sebenarnya hanya berasal dari kopi yang telah rusak, maka selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah bagaimana cara membedakan antara kopi yang asli dengan yang palsu. Cara yang paling mudah untuk membedakannya tentu saja dapat dilihat dari bentuknya.

Biji kopi luwak asli tidak banyak pecah karena luwak memiliki naluri memakan kopi dengan kualitas terbaik. Warna kopi juga hitam kekuningan merata. Meskipun ada bintik hitam, namun tidak terlalu banyak.

Namun, bila kopi tersebut telah digiling, cara membedakannya cukup sulit. Anda perlu keahlian khusus atau melakukan tes di laboratorium. Cara yang paling mudah adalah dengan mencobakannya pada penderita mag. Bila mag mereka tidak kambuh saat meminumnya, itu artinya kopi luwak tersebut asli. Namun, hal ini tentu saja agak berisiko, kan?

Sudah tahu apa bedanya antara kopi luwak sachet dan kopi luwak yang asli? Juga bagaimana cara membedakan kopi luwak asli dengan yang palsu? Dengan tambahan pengetahuan ini, pastinya Anda akan lebih selektif dalam memilih kopi, kan? Anda pastinya tak ingin menikmati kopi yang jelek, kan?