Mengenal Apa Itu Genset dan Kegunaannya

kegunaan mendasar dari genset

Genset adalah singkatan dari Generator Set. Generator sendiri adalah istilah untuk pembangkit listrik, sedangkat set berarti satu kesatuan atau satu set. Dengan begitu, genset bisa dikatan adalah satu set perlengkapan atau peralatan yang digunakan sebagai pembangkit listrik.

Secara sederhana, begitulah genset dapat saya jabarkan. Anda mungkin pernah melihat secara langsung. Umumnya genset yang anda kenal adalah genset yang menggunakan tenaga bahan bakar bensin atau solar. Jenis genset ini adalah yang paling mudah anda temukan karena memang bahan bakar tersebut yang paling mudah ditemukan. Sehingga banyak orang di Indonesia menggunakannya.

Inilah Kegunaan Genset

Kegunaan umum genset adalah untuk menghasilkan listrik. Dari menghasilkan listrik tersebut genset dapan di gunakan dalam berbagai hal. Berikut ini kegunaan-kegunaan genset.

  1. Penerangan pengganti listrik PLN di rumah

Anda bisa menggunakan genset sebagai tenaga penerangan dan elektronik rumah anda saat listrik di rumah anda mati. Anda bisa membuat sitem kabel dimana listrik yang bersumber dari genset bisa dialirkan ke rumah anda.

Jadi, ketika listrik PLN mati, anda bisa mengalihkan sumber daya menggunakan genset anda. Dengan kegunaan dari genset ini anda tida perlu khawatir saat tiba-tiba listrik di rumah anda mati. Kegunaan genset ini juga bisa menjadi solusi bagi anda yang bekerja menggunakan alat elektronik. Anda akan tetap bisa menggunakan alat elektronik anda saat kehilangan aliran listrik dari PLN.

  1. Sebagai sumber listrik acara-acara

Kegunaan lain dari genset adalah sebagai sumber listrik dalam mengadakan acara yang membutuhkan tenaga listrik yang tinggi. Umumnya dalam pengadaan konser, pertunjukkan, dan sebagainya yang menggunakan konsep di luar ruangan menggunakan genset sebagai sumber tenaga listrik. Ini bisa dilakukan karena acara semacam itu membutuhkan sumbertenaga yang sangat kuat.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan genset saat mengadakan acara di rumah, acara pernikahan, syukuran, khitanan, yang agak besar bisa saja membutuhkan daya listrik yang tinggi. Jika tenaga listrik rumah anda tidak cukup kuat, anda bisa mencoba sewa genset. Dengan menggunakan genset, anda tidak perlu takut listrik rumah anda padam karena anjlok tidak kuat menggung daya semua peralatan elektronik yang ada. Anda juga bisa menghindari tagihan listrik anda tiba-tiba membengkak.

Untuk kegunaan yang satu ini mungkin anda harus menggunakan genset yang memiliki tenaga yang cukup besar.

  1. Sebagai sumber listrik di tempat yang belum ada listrik PLN

Genset juga bisa digunakan di daerah yang belum terjamah listrik PLN. Di tempat yang belum ada listrik PLN, genset bisa menjadi sumber listrik utama baik untuk penerangan maupun alat eketronik. Genset bisa berguna sebagai sumber tenaga listrik di rumah-rumah.

Dengan menggunakan genset bisa untuk menyalakan lampu pada malam hari, menyalakan televisi, setrika, dan sebagainya. Genset bisa berfungsi sepeti listrik yang biasa anda temukan di kota-kota.

Namun, tentu saja berapa banyak dan jenis barang elektronik yang bisa anda nyalakan tergantung kekuatan genset anda. Selain itu juga tergantung pada jenis balang elektronik yang digunakan. Apakah alat elektronik tersebut membutuhkan tenaga listrik yang besar atau tidak.

Jadi, genset sebenarnya adalah sumber tenaga listrik. Listrik yang dihasilkan genset bisa digunakan untuk berbagaihal, sama halnya dengan listrik PLN yang biasa kita pakai. Jika ingin menggunakan genset bisa dengan membeli atau menyewa. Anda bisa mengunjugi tempat sewa dan jual genset di sekitar tempat tinggalmu.