4 Posisi Tidur yang Berbahaya bagi Ibu Hamil Muda

Wanita yang sedang memasuki masa kehamilan memang harus hati-hati terhadap segala hal yang dilakukannya. Soalnya hal ini akan berdampak langsung dengan kesehatan bayi yang ada di dalam perutnya. Tidak terkecuali dengan posisi tidur yang ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Seperti 4 posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil muda seperti berikut ini.

  1. Miring ke Kanan

Posisi tidur pertama yang sebaiknya dihindari oleh Anda yang tergolong ibu hamil muda adalah posisi miring ke kanan. Padahal seperti yang diketahui, posisi yang satu ini difavoritkan banyak orang karena cepat membuat lelap ketika tidur. Meski begitu, bagi ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakan posisi tidur ini terlebih dulu.

Bukannya tanpa alasan, posisi tidur seperti ini dianggap menghambat aliran oksigen untuk janin. Padahal apabila si bayi tidak mendapatkan asupan oksigen pastinya akan mengganggu pertumbuhannya. Tidak berhenti sampai di situ saja, posisi miring ke kanan ini juga menghalangi aliran makanan yang seharusnya bisa masuk ke plasenta.

  1. Tidur Tengkurap

Ibu yang tergolong hamil muda memang perutnya belum terlalu membesar dan seringkali membuat banyak ibu yang memilih untuk tidur secara tengkurap. Namun sebaiknya Anda mulai menghindari posisi tidur seperti ini. Bukan tanpa alasan, soalnya posisi tidur seperti ini akan membuat janin tertekan karena harus menahan berat tubuh Anda.

Kondisi ini akan membuat aliran oksigen yang seharusnya lancar menjadi tertahan dan membuat asupan nutrisi pada bayi juga tertahan. Bahkan posisi tidur ini bisa menimbulkan risiko paling berbahaya yaitu terjadinya keguguran pada kehamilan di trimester pertama.

  1. Posisi Kepala Lebih Tinggi saat Tidur Terlentang

Posisi yang satu ini juga sebaiknya dihindari apabila kehamilan Anda tergolong masih muda. Soalnya apabila dipaksakan maka bisa menimbulkan sakit leher hingga perut yang terasa kram. Hindari hal ini dengan sejajarkan kepala dengan tubuh ketika tidur telentang. Dengan melakukan hal ini maka risiko punggung yang sakit hingga perut yang kram bisa dihindari.

  1. Posisi Setengah Duduk

Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi hamil seringkali membuat tidur menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Berbagai posisi tidur yang dirasa nyaman kemudian dicoba tidak terkecuali posisi setengah duduk ini. Sayangnya, posisi tidur seperti ini kurang disarankan bagi ibu hamil muda. Soalnya posisi tidur ini akan membuat aliran darah ke jantung dan janin jadi terhambat.

Setelah mengetahui berbagai posisi tidur yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil muda maka langkah berikutnya yang juga jangan dilupa adalah melengkapi perlengkapan bayi. Tidak usah bingung masalah harga, soalnya di website Orami sedang ada promo lebaran sale yang pastinya membuat banyak produk mendapatkan potongan harga yang sangat menarik.