Berikut Makanan Pendamping Asi Sehat Dan Alami

3. Pure jagung manis

Mungkin bagi sebagian orang tua terutama bagi orang tua yang baru memiliki bayi, akan merasa kebingungan tentang kapan bayinya bisa diberikan MPASI 8 bulan secara tepat. Sebenarnya, setiap bayi memiliki masa pertumbuhannya masing-masing, sehingga tidak bisa disamaratakan antara bayi yang satu dengan yang lainnya. Namun ada ciri-ciri yang umum yang bisa kita cermati ketika bayi mencerminkan bahwa ia telah siap diberikan MPASI diantaranya yaitu si kecil mulai menggapai-gapai makanan dan memasukannya ke dalam mulut. Kalau bayi sudah seperti itu maka kita bisa memberikannnya MPASI. Tetapi jangan semabarangan memberikan makananan, berilah makanan yang sehat dan alami. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut makanan pendamping ASI yang sehat dan alami :

  1. Puree Nasi Kentang Dan Wortel

Bahan-bahan : 5 sdm nasi putih, sebatang seledri, satu buah wortel berukuran kecil, satu buah kentang berukuran kecil, dan ASI atau susu formula secukupnya. Adapun cara pembuatannya adalah : cuci bersih seledri, wortel, dan kentang. Kemudian masak nasi putih hingga menjadi bubur, lalu ditambahkan seledri. Lalu kukus wortel dan kentang sampai empuk. Setelah matang, saring bubur, wortel, dan kentang. Kemudian campur semua bahan tersebut dengan susu formula atau ASI sesuai selera. Aduk hingga rata.

  1. Puree Melon

Bahan yang diperlukan adalah 1/8 potong melon. Cara membuatnya adalah cuci melon sampai bersih. Lalu potong-potong sampai 1/8 bagian, lalu masukan ke dalam blender. Setelah diblender hingga lembut, kemudian saring sehingga hanya bagian halusnya saja yang tersisa.

  1. Pure Buah Alpukat

Jenis makanan berikutnya yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan makanan pendamping ASI, yakni pure buah alpukat. Siapkan 1 buah alpukat, buang bijinya, kemudian keruk daging buahnya hingga habis. Agar si kecil tertarik dengan rasanya, bunda bisa menmbahkan susu kental manis pada pure buah alpukat tersebut.

  1. Kacang Hijau Dan Wortel

Kita langsung saja ke cara pembuatan MPASI-nya : Siapkan kacang hijau secukupnya, kupas kulitnya, kemudian rebus hingga benar-benar matang. Jika sudah matang, segera sisihkan pada sebuah mangkuk. Selanjutnya sediakan 1 buah wortel, kupas kulitnya, lalu rebus hingga benar-benar matang. Lumatkan wortel yang sudah matang hingga halus, kemudian campurkan pada kacang hijau sambil diaduk-aduk agar tercampur rata.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat bunda jadikan sebagai makanan pendamping ASI. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk mencobanya?