Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut Bagian Bawah

Seberapa Besar Janin Mama Ini Perbandingan Buah-buahan

Terjadinya kehamilan itu pada rahim yang terletak dibagian bawah perut sehingga tidak heran jika banyaknya orang yang bertanya tanya “Apakah tanda kehamilan itu akan merasakan sakit dibagian bawah perutnya?”. Merasakan sakit pada perut bagian bawah adalah salah satu tanda hamil muda, tetapi tanda ini tidak selamanya akan dialami oleh ibu hamil. Berikut tanda tanda hamil muda pada perut bagian bawah diantaranya yaitu :

  1. Perut Bagian Bawah Mengalami Kram

Perut bagian bawah yang mengalami kram terjadi karena adanya implantasi sel telur yang berhasil dibuahi kedalam rahim. Hal ini akan terjadi sekitar 10 hingga 14 hari setelah ovulasi atau setelah masa subur. Kram ini memang akan terjadi sebelum atau hampir bebarengan dengan waktu datangnya menstruasi. Umumnya sakit perut bagian bawah ini akan terjadi dibagian tengah tempat rahim berada.

  1. Perut Bagian Kanan Atau Kiri Bawah Sakit

Rasa sakit pada perut bagian kanan atau kiri bawah ini terjadi karena adanya peregangan pada ligamentum rotundum (round ligament) yang merupakan struktur penopang rahim pada bagian sisi kanan atau kiri. Akan semakin mengencangnya ligament dikarenakan semakin membesarnya rahim akibat pertumbuhan rahim, dan bahkan sampai menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini merupakan proses yang normal sehingga ibu tidak perlu khawatir.

  1. Perut Kembung

Ibu hamil cenderung akan sering mengalai perut kembung dan sering bersendawa. Biasanya kondisi ini akan terjadi pada saat kehamilan berusia 11 minggu dan akan berakhir ketika semakin dekatnya persalinan. Perut kembung ini terjadi karena banyaknya gas didalam lambung dan usus. Hal ini terjadi karena selama hamil hormon progesterone kadarnya tinggi sehingga akan membuat lebih rileks atau bekerka lebih lambatnya otot otot saluran cerna.

  1. Perut Mual

Diawal kehamilan juga perut akan merasakan mual, dimana kemunculannya itu akan terjadi mulai dari 2 hingga 8 minggu setelah kosepsi atau proses pembuahan. Kondisi ini diperkirakan akan mereda antara 13 dan 14 minggu atau kemungkinannya akan bertahan lebih lama. Hampir 70 % dari ibu hamil akan mengalami gejala perut mual ini, dan ini sering dianggap sebagai ciri kehamilan yang sehat.

Itulah tanda tanda hamil muda pada perut bagian bawah. Keempat tanda diatas merupakan tanda tanda yang menunjukkan tanda awal dari sebuah kehamilan. Tetapi jika ingin pasti maka bisa dengan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan tespek atau langsung memeriksakannya ke dokter kandungan.