Latih Kemandirian Anak dalam Mengurus Diri dengan Mengikuti Kegiatan Summer Camp

Sinar matahari tanpa resiko

Dewasa ini, kesibukan orang tua sering kali dijadikan alasan untuk melepas anak di bawah asuhan baby sister atau pembantu. Anak anak menjadi cenderung lebih malas karena terbiasa mendapatkan bantuan dalam mengurus segala sesuatu. Jika dibiarkan, anak Anda akan menjadi tidak mandiri dan akan terus menerus bergantung kepada pembantu yang ada di rumah. Masalah akan mulai terasa ketika para pembantu akhirnya meninggalkan rumah untuk berlebaran atau meminta izin libur. Anda akan menjadi sangat kerepotan mengurus rumah sekaligus sang anak bersamaan. Anak anak akan sulit diarahkan agar menjadi mandiri dan mengurus beberapa kepentingan yang seharusnya bisa dia lakukan sendiri.

Coba bawa anak Anda ke kegiatan summer camp dan biarkan dia berada di sana tanpa Anda kunjungi

Awalnya mungkin Anda akan merasa tidak tega membiarkan sang anak mengurus sendiri semua keperluannya. Apalagi Anda akan bertekad untuk tidak mengunjunginya hingga program summer camp selesai. Anda akan diliputi perasaan cemas bagaimana anak Anda menghadapi semua kegiatannya sendirian. Tenanglah dan biarkan anak Anda mengeksplor kemampuannya sendiri. Tentu saja anak Anda akan berada di tangan yang tepat yaitu para mentor yang siap membantu jika anak Anda akan kesulitan nantinya. Namun, jangan berharap bantuan yang diberikan akan sama seperti di rumah ya.

Jika anak Anda berada di Sekolah Islam Terpadu, ikutilah Pesantren Kilat

Pada bulan Ramadhan, akan ada kegiatan rutin yang dinamakan Pesantren Kilat atau Pekan Pesantren jika anak Anda bersekolah di Sekolah Islam Terpadu. Biarkan anak Anda mengikuti program yang satu ini. Selain melatih kemandirian, juga akan membuat sang anak menjadi lebih dekat ke Sang Pencipta dengan melalui berbagai waktu ibadah yang dikhususkan selama bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk membawakan anak Anda sunblock untuk anak agar kesehatan kulitnya tetap terjaga meski melakukan kegiatan outdoor. Untuk Anda yang juga memiliki aktifitas di luar, tidak ada salahnya mencoba untuk menjaga kelembapan bibir dengan lip balm untuk bibir hitam.