Penyebab Anak Tidak Mau Bercerita Kepada Orang Tua

Suatu masalah dalam kehidupan seseorang akan terjadi ketika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau diinginkan. Ketika masalah ini datang maka biasanya akan menimbulkan rasa kesedihan dan kekecewaan untuk seseorang yang sedang dirundung sebuah masalah itu. Seseorang ini tentu saja akan mencari solusi untuk keluar dari masalah yang sedang dihadapinya itu. Masalah bisa saja terjadi kepada siapa saja termasuk anak anak. Masalah anak anak itu biasanya masalah tentang sekolah dan juga masalah dengan teman sekolah atau teman bermainnya. Biasanya untuk meringankan beban masalah anak itu sebaiknya curhat atau berbagi cerita dengan seseorang misal saja orangtua, saudara, atau juga teman. Namun kadang ada beberapa anak yang tidak mau berbagi kesusahannya akibat sebuah masalah itu dengan orangtuanya. 3 hal yang menyebabkan seorang anak tidak mau menceritakan masalahnya kepada orangtuanya diantaranya yaitu :

  1. Anak Takut Dengan Orangtuanya Karena Galak

Ketika orangtua mempunyai sikap yang galak sehingga kadang membuat seorang anak takut. Sehingga ketika seorang anak mempunyai masalah, si anak lebih baik memendammnya sendiri karena takut dengan orangtuanya. Si anak tentunya akan merasa takut jika bercerita masalahnya kepada orangtua akan dimarahi atau bahkan akan mendapatkan kekerasan.

  1. Anak Tidak Mau Menjadi Beban Untuk Orangtuanya

Ketika anak tidak mau menjadi beban orangtuanya maka seorang anak akan memendam masalahnya sendiri dan mencari solusinya juga sendiri. Sebagai contoh si anak tidak menceritakan masalahnya karena si orangtuanya juga sedang punya masalah. Misalnya si anak ingin mengikuti rekreasi di sekolahnya namun dia tahu orangtuanya sedang tidak punya uang sehingga si anak ini memendam keinginannya untuk ikut rekreasi.

  1. Anak Yang Orangtuanya Sibuk

Seorang anak kadang tidak menceritakan sebuah masalah kepada orangtuanya karena orangtuanya itu sibuk. Misalnya saja seorang anak mempunyai masalah namun dia tidak bisa menceritakan masalahnya itu kepada orangtua karena orangtuanya itu sibuk bekerja sehingga waktu untuk berkomunikasi dengan orangtunya itu sangat terbatas.