Tips Kehamilan Yang Harus Diketahui Khususnya Bagi Ibu Hamil

Diam-diam, 10 Potret Hamil Bella Shofie Hingga Melahirkan 

Kehamilan merupakan sebuah momen yang paling membahagiakan di dunia, yang akan dirasakan oleh para pasangan suami istri. Akan tetapi, ternyata masih ada saja sebagian dari para ibu hamil yang tidak tahu tentang tips-tips selama masa kehamilannya. Nah, untuk mengetahui tentang tips-tips apa sajakah yang harus dilakukan oleh ibu hamil, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Tips Menghitung Gerakan Janin

Pada saat janin dalam kandungan telah berusia 4-5 bulan, janin akan mulai aktif bergerak. Janin yang sehat dan normal akan bergerak minimal 2-3 kali dalam 1 jam. Jadi jika bunda tiba-tiba tidak merasakan janin bergerak sama sekali dalam 1 jam, terutama pada waktu pagi dan sore hari, maka bunda bisa merangsangnya dengan cara memperdengarkan bunyi-bunyian di dekat perut supaya janin bergerak.

  1. Tips Mendeteksi Janin Terkena Down Syndrome

Down Syndrome ini merupakan kelainan kromosom yang disebut trisomi 21. Down Syndrome ini bisa dideteksi sejak kehamilan dini dengan menggunakan USG 3 atau 4 dimensi dan bisa muncul pada lebih dari 1 organ. Kelainan ini bisa dilihat dengan tidak adanya tulang hidung, rendahnya letak telinga, kelainan jantung, dan lain sebagainya.

  1. Tips Supaya Bayi Lahir Sehat

Sebaiknya bunda merencanakan kehamilan sebelum berusia 35 tahun, selain itu bunda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum memutuskan untuk hamil. Vaksinasi rubella dan cacar air perlu juga dilakukan. Bunda juga harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan, jus jeruk, dan sayuran hijau yang bisa mencegah kelainan tulang belakang pada janin. Selain itu bunda juga harus rutin memeriksakan kandungan, kontrol gula darah, jaga berat badan agar tetap ideal. Dan hindari mengkonsumsi alkohol, rokok, jamu, dan kopi.

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan ibu hamil selama masa kehamilannya. Selain itu, berikut dibawah ini juga ada beberapa macam makanan yang bagus untuk pertumbuhan janin pada trimester kehamilan pertama :

  1. Produk Olahan Susu

Salah satu produk olahan susu yang bagus untuk pertumbuhan janin, yakni berupa yoghurt.

  1. Ubi Jalar

Selain yoghurt, kandungan asam folat pada ubi jalar juga sangat bagus untuk pertumbuhan janin.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam folat itu diantaranya adalah kacang tanah, kacang merah, kacang polong, dan lain sebagainya.