Konsultasikan Pecegahan Gigi Berlubang Anda

Masalah seperti gigi berlubang memang sering terjadi pada banyak kalangan, muda, remaja, tua, anak-anak, ibu hamil, pria atau wanita, smeuanya pernah mengalami gigi berlubang. Sayangnya, mengamalami gigi berlubang ternyata bukanlah hal mudah untuk dilalui. Ketika gigi Anda berlubang, Anda akan mengalami rasa nyeri yang tidak terbendung. Sakit giginya akan membuat keadaan gusi Anda lebih sensitif terhadap banyak makanan atau minuman jenis apapun. Inilah yang akan menjadi masalah Anda semakin banyak. Seseorang yang mengalami gigi berlubang biasanya memikirkan banyak cara dalam tips mencegah gigi berlubang dan bagaimana agar giginya kembali normal atau setidaknya rasa nyeri bisanya hilang.

Pencegahan yang dilakukan memang beragam, selain pemilihan makanan biasanya perawatan sehari-hari juga diperhatikan agar mampu saling mendukung dsatu sama lain dalam perawatan gigi berlubangnya. Setidaknya jangan sampai gigi berlubang semakin meluas, atau menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang akan menyebabkan sarang berbagai macam penyakit, baik pada penyakit mulut Anda, ataupun penyakit pada tenggorokkan yang berhubungan.

Perawatan gigi secara alami biasnaya disarankan untuk Anda yang masih mengalami gigi berlubang yang kecil, namun jika gigi berlubang Anda sudah besar disarankan diperiksa ke dokter terdekat untuk diberikan tidAndakamn lanjut. Apalagi jika Anda wanita hamil dan juga yang terserang adalah anak Anda yang masih kecil, akan ada penanganan yang berbeda yang dilakukan oleh dokternya agar tidak mengalami salah penanganan yang akan berakibat fatal pada janin atau pada pertumbuhan anak anada.

Dibawah ini biasanya saran dokter untuk mengatasi gigi berlubang,

  1. Cabut Gigi

Ini adalah cara paling mudah ketika lubang yang ada sudah terlalu besar, Anda pasti disarankan untuk dilakukan pencabutan gigi. Sayangnya pencabutan biasanya dipikirkan kembali untuk beberapa aspeknya, agar tidak menganggu fungsi lainnya yang berhungan dengan saraf gigi. Karena, mencabiut gigi adalah memutuskan saraf tumbuh gigi. Anda dapat mengisi gigi berlubang dengan memasang gigi palsu dan juga implan gigi, agar fungsi gigi Anda tetap berjalan.

  1. Tambal Gigi

Filling atau tambal gigi merupakan cara yang biasanya dilakukan jika lubang masih bisa diatasi. Lubang pada gigi akan dibersihkan oleh bor, biasanya dokter akan membuang bagian rusak pada gigi agar bisa mengganti gigi seperti baru, biasanya gigi akan ditambal menggunakan porselen, komposit resin, emas dan juga perak. Ada banyak seklai orang-orang yang lebih memilih jalan tambal dibandingkan cabut.

  1. Crown

Sebenarnya ini hampir sama seperti tambal gigi hanya saja, jenis crown adalah untuk seseorang yang bergigi lemah. Gigi berlubangnya akan dibersihkan dari gigi yang rusaknya, setelah dibersihkan akan disisakan sedikit untuk dudukan mahkota gigi palsu yang tebuat dari bahan sama dari filling, yaitu porselen, emas, perak dan yang lainnya.

  1. Root Canal

Cara ini merupakan perawatan pada saluran akar gigi, jadi kerusakan pada gigi berlubang sudah sampai pada titik dimana saraf gigi Anda terserang. Namun , biasanya cara ini merupakan cara lain daripada harus mencabut gigi Anda. perawatan ini dilakukan saat bakteri sudah memberikan infeksi yang berbahaya sekitar saraf dan urat giginya.

Itulah 4 cara mengatasi gigi berlubang yang biasnaya disarankan oleh dokter, ketika Anda konsultasi pastikan Anda siap untuk diberikan anastesi. Ketika dokter menyarankana beberapa pilihan tanyakan saja jika Anda tidak mengerti dengan salah satu cara pengatasannya agar Anda bisa lebih tenang ketika mendapatkan perawatan. Hal-hal yang diberikan dokter akan lebih bertahan lama, apalagi jika Anda mampu merawatnya dengan baik, Anda bisa menyikat gigi Anda rutin dengan pasta gigi pepsodent dan juga pilihan sikat halus untuk menyikatnya.