Tips Yang Tepat dan Benar Dalam Mengendarai Mobil Matic

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa perkembangan dunia otomotif saat ini mengalami kemajuan yang begitu pesat. Hal itu pun terbukti, dimana ada banyak sekali jenis mobil-mobil keluaran terbaru yang mengusung teknologi canggih. Bahkan, tak sedikit dari mobil-mobil tersebut yang dibekali dengan berbagai fitur yang keren seperti airbag, layar LCD, kamera cctv, dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan otomotif, kini mobil hadir dengan dua transmisi yakni manual dan otomatis. Ya, mobil-mobil dengan transmisi otomatis itu terdapat pada mobil-mobil matic. Dilihat dari cara mengemudinya, mobil matic ini tampaknya memang lebih mudah dikemudikan ketimbang mobil-mobil dengan transmisi manual. Meski terlihat mudah, namun bukan berarti juga bahwa kita tidak membutuhkan tips dan trik dalam mengendarainya lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips mengendarai mobil matic, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Tuas Harus Dalam Keadaan Netral

Tips pertama yang harus anda ketahui dalam mengendarai mobil matic, yakni pastikan dulu bahwa tuasnya dalam keadaan netral. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, jika tuas tersebut tidak dalam keadaan netral, maka anda tidak akan bisa menghidupkan mesinnya. Maka dari itu, pastikan dulu bahwa tuasnya dalam keadaan netral.

  1. Diamkan Beberapa Menit

Jika anda sudah menghidupkan mesin mobilnya, maka langkah kedua yang harus anda lakukan, yakni diamkan mobilnya dalam beberapa menit. Ya, hal ini dikarenakan percepatan dalam pemindahan yang secara otomatis belum bekerja secara sempurna. Dengan kata lain, langkah ini bertujuan untuk menstabilkan suhu mesinnya agar dapat bekerja secara optimal.

  1. Tekan Pedal Rem

Saat hendak menggeser tuas atau menjalankan mobilnya, di sini anda harus memastikan bahwa pedal remnya sudah di tekan. Selain itu, anda juga harus tetap menekan pedal rem ketika hendak menggeser tuas dari P ke R. Mengapa demikian? Ya, hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan pada bagian mesin.

  1. Perhatikan Bagian Tuasnya

Apabila anda ingin mengendarainya dalam kondisi normal, maka pastikan dulu bahwa tuasnya sudah dalam posisi D (Drive) yang berfungsi untuk melaju, sedangkan tuas yang berhuruf R berfungsi untuk memundurkan mobil. Dan seperti yang kita ketahui bahwa medan jalanan itu tidak hanya lurus saja, melainkan ada yang menanjak, menurun, hingga jalanan yang licin. Dalam hal ini, anda membutuhkan sistem pengereman (engine break), serta perlu menggeserkan tuas pada posisi ke 2. Khusus untuk medan yang menanjak dan menurun, sangat disarankan bagi anda untuk menggeser tuasnya ke posisi 1.

  1. Pemilihan Mode

Langkah berikutnya yang harus anda ketahui dalam mengendari mobil matic, yakni memilih mode untuk pengoperasian yang ekonomis. Ketika dalam mode power, maka kemungkinan besar bahwa perpindahan kecepatan yang otomatis akan lebih lambat, sehingga mobil dapat berakselerasi dengan baik.

  1. Melakukan Akselerasi

Agar mobilnya dapat berakselerasi secara maksimal, anda harus menekan tombol yang berhuruf OD atau menggeser tuasnya ke posisi 3. Dalam kecepatan 60 – 80 km/jam, anda harus menggunakan tuas yang ke 3 saat berada di medan yang menanjak tinggi maupun medan yang ekstrim.

Itulah 6 tips yang tepat dan benar dalam mengendari mobil matic. Selain itu, anda juga jangan sampai lupa untuk selalu mentaati dan mematuhi peraturan-peraturan lalu lintas.