Kelebihan dan Kelemahan Ketika Seseorang Bekerja Dengan Sistem Borongan

Ketika seseorang tercatat menjadi pegawai di sebuah tempat kerja maka seseorang ini harus melakukan aktivitas kerjanya itu secara rutin. Seorang pekerja ini harus mematuhi aturan aturan yang berlaku di tempatnya bekerja misal dengan tidak datang terlambat saat masuk kerja, selalu masuk kerja terkecuali sakit dan ada keperluan yang sangat penting, atau tidak memainkan handphone pada saat sedang bekerja, atau aturan yang lainnya.

Standarnya jam kerja yang diberlakukan oleh setiap tempat kerja itu adalah selama 8 jam. Dan hari kerjanya itu dalam seminggu sebanyak 6 hari atau juga ada beberapa tempat yang memperkerjakan karyawannya itu selama 5 hari. Setiap orang tentunya menginginkan jika mendapatkan pekerjaan itu yang enak dan nyaman juga yang gajinya itu cukup besar. Biasanya sebuah tempat kerja akan memberikan upah kepada para karyawannya itu sebulan sekali atau ada juga yang dua minggu sekali bahkan ada yang seminggu sekali. Namun ada juga tempat kerja yang memberikan upah karyawannya itu dengan sistem borongan. Kelebihan dan kelemahan ketika seseorang bekerja dengan sistem borongan adalah :

  1. Kelebihan

Ketika seseorang bekerja dengan sistem borongan maka seseorang ini bisa mendapatkan penghasilan lebih dari gaji yang umumnya diberlakukan. Pekerjaan borongan ini biasanya diberlakukan di sebuah pabrik atau konveksi pakaian. Sebagai contoh di sebuah konveksi pakaian misal saja seorang penjahit, jika seorang penjahit ini rajin dan mempunyai kinerja yang bagus sehingga bisa menghasilkan pakaian hasil jahitannya itu dalam jumlah yang banyak. Sehingga seorang penjahit ini tentunya akan mendapat upah yang besar juga sesuai dengan pakaian yang berhasil dijahitnya itu.

  1. Kelemahan

Ketika seseorang bekerja dengan sistem borongan maka seseorang ini harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya. Ketika  seseorang ini bermalas malasan bekerja maka seseorang ini akan mendapat penghasilan yang sedikit. Selain itu dengan sistem borongan ini seseorang juga akan ketahuan rajin atau tidaknya saat bekerja. Karena ketika seseorang ini bermalas malasan bekerja sehingga barang yang dihasilkannya juga akan sedikit. Tentunya seseorang ini nantinya akan mendapat komplain dari yang punya perusahaan karena tidak rajin bekerja sehingga targetnya tidak tercapai.