Perkembangan Anak 11 Bulan Yang Perlu Bunda Ketahui

Pada saat bayi berusia 11 bulan maka tumbuh kembangnya akan membuat bunda berdecak kagum dan sekaligus akan merasa bingung. Diusianya itu bayi akan belajar kata kata yang baru termasuk kata “tidak” dan akan menolak bundanya. Bayi yang sudah berusia 11 bulan biasanya akan membuat bundanya tidak sabar untuk menunggu ulang tahun pertama si kecil. Tetapi itu bukan berarti bunda tidak menuggu tahap tahap perkembangan yang akan terjadi ketika bayinya berusia 11 bulan.

Berikut beberapa perkembangan bayi 11 bulan yang perlu bunda ketahui diantaranya yaitu :

  1. Perkembangan Fisik

Bayi 11 bulan harus sudah bisa bergerak mengitari rumah meski masih sambil berpegangan kepada bunda atau perabotan yang ada didekatnya sehingga akan membuatnya tetap berdiri stabil sambik berusaha untuk menjelajahi yang ada disekitarnya. Bunda harus benar benar waspada dan terus mengawasinya karena bayi akan senang memeriksa apa saja yang dilihatnya. Dan bahkan bayi sudah mulai mempunyai kemampuan untuk memanjat boks tempat tidurnya.

Pastikan rumah aman karena bayi akan mulai membuka buka laci, pintu, pintu lemari, dan lainnya yang dilihatnya. Bagi dirinya semua hal yang dilihatnya akan menjadi sesuatu yang baru dan menarik.

  1. Perkembangan Kognitif

Memiliki kepribadian sendiri akan dialami bayi 11 bulan. Bayi akan mulai mengetahui apa yang disukainya dan apa yang tidak disukainya. Dan bayi juga akan mulai merasakan berbagai emosi yang sebelumnya belum pernah dirasakannya. Pada saat bunda mengambil mainan favoritnya maka anak akan tantrum atau pada saat bunda memberikan makanan yang tidak disukainya. Bayi akan mempelajari jika menangis merupakan senjata yang bisa digunakannya pada saat menginginkan sesuatu. Sehingga bunda perlu memahami bagaimana caranya mendisplinkan dan menangani anak ditahap perkembangannya ini.

  1. Kemampuan Bicara Dan Bahasa

Diusia 11 bulan ini anak akan mulai mempelajari kata kata yang kemungkinannya akan menyulitkan sang bunda. Kata kata yang akan sering didengar bunda seperti kata “No” atau “tidak”. Kata “tidak” akan lebih sering diucapkan bayi 11 bulan, karena diusianya itu anak akan mulai memilih makanan yang bundanya tawarkan. Dan bahkan pada saat waktunya dirinya tidur siang tetapi masih ingin bermain maka kemungkinannya anak akan tantrum. Kata kata sederhana juga sudah bisa diucapkan oleh bayi 11 bulan.

  1. Perkembangan Sosial Dan Emosi

Bayi 11 bulan akan sudah mulai bisa menyadari tentang segala hal yang terjadi disekitarnya. Dan bayi akan mengamati apa apa yang sedang dilakukan orang orang yang ada disekitarnya. Dan bahkan terkadang bayi akan mencoba untuk menirukannya. Bayi juga akan mulai bermain dengan anak anak seusianya. Tetapi tidak sedikit juga bayi 11 bulan yang lebih memilih bermain sendiri daripada bermain bersama sama. Diusianya itu kedisiplinan merupakan hal yang penting karena instruksi dan perintah sederhana sudah mulai bisa dipahaminya. Sekarang waktu yang tepat untuk bunda mengajarkan berbagai macam keterampilan sosial dan menetapkan peraturan yang sederhana untuk diikutinya.

Itulah perkembangan anak 11 bulan yang perlu bunda ketahui. Selain itu bayi 11 bulan juga sudah dapat minum sendiri dengan diberi bantuan sedikit. Bayi akan mulai memilih milih makanan apa yang ingin dimakannya. Oleh sebab itulah bunda harus bisa bersabar dan mencoba dengan memberikan berbagai jenis makanan untuk dipilihnya.