Ini Dia Resep Bubur Dari Kacang Hijau Tanpa Santan

Kacang hijau mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu juga ada kalsium, fosfor, Vitamin B, dan pastinya lemaknya rendah sehingga dijamin tidak akan membuat badan menjadi gendut. Terlebih bagi mereka ibu hamil dan menyusui bagus sekali jika mendapat asupan kacang hijau bagi janin yang ada didalam perutnya sehingga akan dapat meningkatkan kualitas ASI ibu. Nah, sebelum membahas cara membuat bubur kacang hijau. Kita bahas dulu beberapa manfaat nya yuk

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh jika mengkonsumsi kacang hijau seperti :

  1. Dapat mencegah kanker
  2. Dapat mengobati anemia
  3. Dapat menurunkan berat badan
  4. Dapat menurunkan kolesterol
  5. Dapat mengatasi diabetes
  6. Dapat mengurangi keluhan pasca menopause
  7. Dapat menjaga kesehatan jantung
  8. Dapat menguatkan tulang

Kacang hijau ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, dan salah satunya adalah menjadi bubur kacang hijau. Bubur dari kacang hijau ini merupakan makanan khas Nusantara yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan tambahan air dan gula aren beserta seikat daun pandan. Bahan bahan yang sudah disediakan dimasak hingga mendidih dan sampai lunaknya kacang hijau. Dan disajikan dengan tambahan santan. Didalam versi yang lainnya beberapa orang akan menambahkan bubur tersebut dengan tepung tapioka. Kita dapat memakan bubur ini dalam keadaan hangat atau pun dingin dengan memasukkan es batu kedalamnya. Tersaji dalam keadaan hangat ataupun dingin pastinya bubur ini akan sangat enak untuk dinikmati. Dan kita bisa menyantap bubur ini pada pagi hari ataupun malam hari.

Biasanya bubur dari kacang hijau ini akan disajikan dengan menggunakan campuran santan. Tetapi bagi mereka penderita kolesterol pastinya tidak akan bisa memakan bubur yang menggunakan santan. Tetapi tidak perlu khawatir karena para penderita kolesterol ini bisa menikmati bubur dari kacang hijau tanpa menggunakan santan. Meski bubur ini tidak menggunakan santan tetapi dijamin tidak kalah enaknya dengan yang menggunakan santan. Kelebihan dari bubur tanpa santan ini pastinya lebih sehat karena tidak mengandung lemak yang tinggi.

Berikut Resep Bubur Dari Kacang Hijau Tanpa Santan

Bahan bahan yang dibutuhkannya adalah :

  • Kacang hijau sebanyak 300 gram, dibersihkan dan selama semalaman direndam (ini dilakukan supaya kacang hijau lunak, sebaiknya merendamnya itu selama 7 malam sehingga bisa dimasak keesokan harinya.
  • Susu kental manis cokelat 1 gelas kecil.
  • Gula merah secukupnya atau sesuai dengan selera misalnya dengan memakai common sense saja.
  • Gula pasir sebanyak 3 sdm.
  • Jahe 1 ruas jari lalu diiris iris.
  • Daun pandan 4 helai.
  • Garam dapur ½ sdt.

Cara pembuatannya adalah :

  • Air direbus terlebih dahulu, setelah air mendidih kacang hijau dimasukkan supaya cepat empuk.
  • Kemudian jahe yang sudah diiris sebelumnya dimasukkan lalu dilanjutkan dengan memasukkan irisan gula merah atau gula jawa. Lalu masukkan daun pandannya cukup hanya 2 helai saja tidak semuanya.
  • Pada tahap terakhirnya bubur tinggal diaduk aduk saja hingga terlihat empuk, setelah itu baru dimasukkan susu kental manis cokelat, gula pasir, dan juga garam. Tunggu sebentar saja hingga buburnya benar benar matang. Yang perlu diingat adalah pada saat memasaknya menggunakan api yang kecil saja dan jangan lupa untuk terus menganduknya.

Itulah Resep Bubur Dari Kacang Hijau Tanpa Santan. Mudah kan cara membuat bubur ini? pastinya bubur tanpa santan ini akan lebih enak, sehat, dan tidak eneg.