Mengenal Cairan Pendingin Radiator (Radiator Coolant)

Hasil gambar untuk Mengenal Cairan Pendingin Radiator (Radiator Coolant)

Bahasan kali ini akan mengulas mengenai apa itu cairan pendingin mesin mobil radiator coolant. Bagi Anda yang baru tahu mengenai cairan pendingin mesin mobil radiator coolant, Anda bisa menyimak ulasan otomotif kali ini. Radiator itu sendiri merupakan komponen penting yang terdapat di dalam ruang mesin. Fungsinya yaitu sebagai pendingin mesin, tentunya mesin mobil akan terasa panas jika sehabis digunakan. Apalagi jika kendaraan mobil dipakai pada waktu yang lama, tentunya mesin akan terasa sangat panas. Untuk mencegah panas yang berlebihan, cairan pendingin mesin mobil radiator coolant inilah yang menjadi solusinya sebagai bahan cara menguras air radiator. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui mengenai cairan pendingin mesin mobil radiator coolant.

Hal pertama yang harus Anda ketahui air radiator itu sendiri atau yang disebut juga water cooling system adalah salah satu komponen atau elemen yang sangat penting untuk dapat mendinginkan mesin. Hal lain yang harus Anda ketahui mengenai cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant yaitu setiap produsen kendaraan mobil sudah memberikan water radiator coolant pada setiap kendaraan mobil yang diproduksinya. Tetapi cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant tersebut harus diganti dengan berkala.

Mengapa cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant ini harus diganti? Hal tersebut dikarenakan menurunnya kemampuan cairan ini untuk mengikat panas serta menghindari korosi. Tidak hanya itu, ada lagi hal penting lainnya yaitu penggantian cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant ini yaitu sekitar jarak 40.000 km. Jika kendaraan mobil Anda sudah menempuh jarak tersebut, maka lebih baik Anda segera mengganti cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant tersebut. Sebaiknya cairan radiator ini diganti dengan produk yang semerek atau serupa. Pilihlah cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant yang orisinil dari pihak produsen mobilnya.

Hal tersebut bertujuan untuk dapat menghindari berbagai reaksi-reaksi kimia yang diakibatkan perbedaan merek cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant. Ada hal lain yang harus Anda ketahui, yaitu terdapat dua jenis cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant, yaitu berupa jenis konsentrat dan juga yang langsung pakai. Untuk cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant yang jenis konsentrat, terlebih dahulu harus dicampur air sebelum dipakai. Untuk takaran pemakaian cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant yang jenis konsentrat yaitu 50 : 50.

Tetapi ada juga yang memakai cairan radiator konsentrat dengan perbandingan 30 : 70. Sedangkan untuk jenis cairan pendingin mesin kendaraan mobil radiator coolant yang langsung pakai tentunya Anda hanya tinggal menuangkan saja ke radiator mobil Anda. Itu saja ulasan kali ini yang membahas mengenai apa saja yang harus Anda ketahui mengenai cairan pendingin mesin mobil radiator coolant. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk Anda para pengendara mobil.

Dengan cairan pendingin mesin mobil radiator coolant ini, maka performa mesin mobil Anda akan tetap terjaga. Dengan mesin yang performanya selalu terjaga, maka tentunya Anda akan selalu siap melaju kapan pun. Jangan lupa untuk memakai cairan pendingin mesin mobil radiator coolant yang asli dan sama dengan jenis cairan radiator yang sebelumnya. Jangan sampai kendaraan mobil Anda rusak karena hanya Anda tidak rutin memeriksa dan juga mengganti cairan pendingin mesin mobil radiator coolant tersebut. Sekian dan semoga info kali ini dapat bermanfaat.