Dibutuhkannya Jasa Service Komputer Supaya Masalah Komputer Tidak Semakin Parah

Komputer merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Tidak bisa dipungkiri jika komputer yang kita miliki rusak maka pastinya akan menyebabkan kepala pusing tujuh keliling. Hal tersebut wajar saja karena semua yang harus dikerjakan di dalam komputer tidak akan segera terselesaikan misalnya saja tidak bisa mengerjakan tugas dan deadline. Selain itu pastinya tidak akan bisa bersosialisasi atau chatting ataupun bermain game. Jika kondisinya seperti ini maka akan dibutuhkannya jasa service komputer.

Berikut 4 kerusakan yang biasanya dialami komputer seperti :

  • Kerusakan Pada Motherboard

Kerusakan yang sering terjadi pada komputer bagian Motherboard yang setelah dinyalakan komputer   dan tidak ada tampilan di monitor, dan sering juga terjadi seperti lampu indikator berkedip-kedip. Untuk mengatasinya masalah tersebut, anda bisa mengambil langkah pertama dengan cara melepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboard/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU. Setelah itu, lepaskan semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan cashing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya seperti kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakkan yang lebih parah maka sebaiknya anda menyerahkannya pada jasa servis komputer, karena mereka lebih paham dan mengerti tentang masalah yang ada pada komputer anda.

  • Kerusakkan Pada Power Supply

Salah satu kerusakkan yang sering terjadi pada komputer adalah pada bagian air supply. Kerusakkan air supply ini terjadi karena disebabkan oleh kipas air supply yang tidak bisa berputar. Adapun gejalanya adalah pada saat komputer dihidupkan namun tidak menyala, dan tidak ada tampilan pada monitor. Untuk mengatasinya : Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah periksa kabel, apakah kabel sudah terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya. Periksa juga tombol on/off pada bagian belakang CPU, tepatnya di belakang Power Suplly apakah sudah dalam posisi on.Jika semua sudah diperiksa dan tidak ada masalah namun komputer anda tetap tidak menyala, maka anda harus mengganti power supply nya dengan yang baru.

  • Masalah Bios

Untuk mengatasi masalah pada Bios biasanya Update tidak bisa dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang mempunyai backup BIOS pada Chip-nya.Disitulah tersimpan jenis asli BIOS yang tidak bisa dihapus.Dan untuk bisa merestore-nya lagi anda cukup memindahkan posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Setelah itu hidupkan kembali komputer anda dan tunggu selama 10 detik, BIOS yang asli telah berhasil di Restore, kemudian kembalikan pada posisi semula Jumpernya, komputer anda siap dijalankan kembali.

  • Baterai Cmos Rusak / Lemah

Kerusakkan pada komputer bisa terjadi karena disebabkan oleh rusak atau sudah lemahnya baterai Cmos pada komputer anda. Kerusakkan baterai Cmos ini mengakibatkan sering timbulnya pesan CMOS Checksum Vailure / Battery Low yang diakibatkan tegangan yang mensupply IC CMOS/BIOS tidak normal, sehingga bisa menyebabkan settingan BIOS kembali ke Default-nya/settingan awal pabrik, serta konfigurasi Hardware harus di set ulang. Jika sudah demikian kondisinya, mau tidak mau baterai Cmos pada komputer anda harus diganti dengan yang baru.

Itulah 4 kerusakan yang biasanya dialami komputer.Supaya masalah yang dialami komputer ini tidak semakin parah maka dibutuhkannya jasa service profesional dengan mencarinya di Carijasa.co.id.