Cara Memperbaiki Accu Basah Yang Sudah Rusak Pada Mobil

Jika aki mobil anda sudah rusak, tentunya akan bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Apalagi jia rusaknya pas di momen-momen yang tidak diinginkan, misalnya sedang buru-buru untuk berangkat kerja. Pada saat aki basah mobil anda rusak, sebenarnya anda tidak usah pergi ke bengkel untuk memperbaikinya, tetapi anda juga bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Dan memang cara memperbaikinya juga sangat mudah dan simpel. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki accu basah yang sudah rusak pada mobil sebagai berikut ini :

  1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk memperbaiki accu atau aki basah pada mobil, adalah untuk menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut beberapa alat serta bahan yang harus anda persiapkan :

– Air aki (accu zuur), dimana aki ini bisa anda dapatkan di pasaran dengan mudah. Biasanya air aki zuur ini dikemas dengan label serta tutup botol berwarna merah. Selain itu, air aki zuur ini juga biasa disebut sebagai air keras karena mengandung elektrolit berupa asam sulfat.

– Obeng.

– Sarung tangan.

– Masker, hal ini diperlukan karena air accu itu sangat menyengat.

– Air panas

– Air biasa, simpan di ember.

– Corong kecil.

  1. Cara Memperbaiki Aki Basah

– Langkah pertama, setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, anda bisa memulai untuk memeperbaiki aki basah dengan cara melepas aki dari mobilnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker yang sudah disiapkan tadi.

– Langkah kedua, buka penutup lobang-lobang aki dengan menggunakan tang atau kunci pas supaya lebih mudah. Sebenarnya anda juga bisa membukanya tanpa harus menggunakan alat, namun jauh akan lebih mudah dan aman jika menggunakan alat.

– Langkah ketiga, buang cairan pada aki yang sudah rusak tersebut. Caranya dengan membalikkan aki, kemudian buanglah cairan tersebut di tempat yang aman, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Karena aki ini selain baunya yang sangat menyengat, namun juga sangat berbahaya jika terkena tubuh.

– Langkah keempat, kemudian masukkan air panas melalui lubang-lubang aki. Lalu kocok dan buang kembali. Setelah dengan air panas, kemudian gunakan air biasa untuk mengocok isi aki tersebut. Lakukan cara ini secara berulang supaya elemen akinya menjadi bersih.

– Langkah kelima, balikan aki sampai tidak ada air yang tersisa.

– Langkah keenam, setelah semua sisa air habis keluar, lalu isi dengan air aki zuur sampai batas maksimal,. Dalam hal ini gunakan corong kecil untuk mengisi aki dngan air aki zurr.

– Langkah ketujuh, mengisi daya aki. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga semalaman. Untuk itu gunakan pengisi daya dengan aliran kecil supaya lebih stabil dan tahan lama.

– Selesai.

Mudah kan? Meskipun mudah  dan simpel, namun anda juga harus tetap teratur dalam merawat aki basah supaya aki mobil anda awet dan tidak mudah rusak atau soak. Dan jangan lupa untuk rajin-rajin mengontrol ketinggian air aki. Selain itu, lakukan juga perawatan aki basah secara rutin, maksimal  setiap 2 bulan sekali. Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya. Terutana bagi anda yang memilki aki basah yang sudah rusak atau soak, sehingga anda bisa memperbaikinya dengan sendiri.