Hindari Sabun yang Dapat Mengganggu Kesehatan Kulit Bayi

Image

Orangtua harus selalu peduli saat memiliki bayi yang baru saja lahir. Salah satu dari bentuk perhatian yang paling penting adalah menggunakan sabun bayi yang aman dengan komposisi yang tepat. Maka dari itu, setiap kali Anda melakukan pembelian terhadap sabun bayi, Anda perlu untuk membaca bagian komposisi secara jitu.

Beberapa Bahan Kimia Berbahaya dalam Sabun Mandi Bayi

Ada beberapa komposisi yang tidak boleh ada dalam sabun mandi bayi, karena komposisi tersebut justru akan membahayakan kesehatan dari kulit bayi. Anda harus menghindari penggunaan sabun bayi yang mengandung berbagai komposisi berbahaya tersebut dan beralih ke merek sabun bayi yang aman.

  1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Salah satu bahan yang tidak boleh ada pada sabun bayi adalah Sodium Lauryl Sulfate atau biasa disingkat dengan SLS. Komposisi yang satu ini biasa digunakan pada sabun untuk menghasilkan efek busa yang melimpah. Padahal hal ini tidak baik bila terkontak dengan kulit manusia apalagi bayi. Bahan kimia ini dapat meracuni bagian sistem saraf, mutasi pada sel, dan juga menyebabkan iritasi.

Saat ini tidak ada sabun mandi yang menggunakan bahan yang satu ini. Biasanya komposisi kimia tersebut terdapat pada sabun pencuci mobil. Seusai mencuci mobil, disarankan Anda untuk membilas tangan dan badan dengan air yang cukup.

  1. Dioxane

Beberapa komposisi lain yang biasa terdapat pada sabun dan tidak baik untuk bayi adalah Dioxane. Bahan tersebut biasanya terdapat di komposisi dengan nama 1,4 Dioxane. Komposisi yang satu ini dapat menyebabkan kanker saat digunakan secara rutin dan dalam jangka waktu panjang.

  1. Diethanolamine (DEA)

Komponen lainnya yang mungkin ada di sabun mandi adalah diethanolamine atau biasa disingkat dengan DEA. Komponen yang satu ini tidak tepat digunakan untuk bayi dan juga wanita yang sedang hamil. Senyawa ini dapat memblokir penyerapan nutrisi yang bernama kolin yang mana sangat penting untuk perkembangan otak.

  1. Propylene Glycol

Komposisi terakhir yang harus dihindari adalah Propylene Glycol. Senyawa yang satu ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit, gangguan hati, dan juga disfungsi ginjal. Ada banyak produk yang berkaitan dengan kesehatan dan menggunakan komposisi yang satu ini.