Alasan Handphone Vivo Y53 Masih Banyak Dicari di Tahun 2019

Dalam dua tahun terakhir, Vivo telah meluncurkan sejumlah produk andalan mereka di berbagai kelas. Kendati demikian, handphone Vivo Y53 menjadi salah satu produk lama yang masih banyak dicari hingga kini. Ini karena Y53 tidak seperti kebanyakan HP Vivo yang mengandalkan fitur selfie. Tetapi ponsel pintar yang satu ini memang dibekali spesifikasi kelas menengah yang cukup mumpuni.

Memasuki 2019, harga Vivo Y53 tidak mengalami perubahan terlalu jauh. Dengan rentang harga di bawah Rp2 jutaan, Y53 terbilang cukup kompetitif di kelasnya dengan merek lain yang mengusung spesifikasi serupa. Hal apa saja yang membuat ponsel andalan Vivo di tahun 2017 ini masih banyak dicari?

Keunggulan Handphone Vivo Y53

Hampir semua handphone Vivo memang didesain dengan tampilan yang terkesan mewah dan elegan. Juga demikian dengan Vivo Y53 yang mempunyai desain bodi yang compact dan kokoh dengan balutan metal. Anda bisa memilih tiga varian warna yaitu Matte Black, Space Grey dan Crown Gold.

Selain itu, smartphone ini juga terbilang nyaman di genggaman tangan. Vivo Y53 memiliki detail ukuran 144,2 x 71,4 x 7,6 mm dan bobot 137 gram. Layarnya hanya 5.0 inci, sehingga jadi lebih praktis dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Sedangkan untuk tata letak port yang beberapa komponen lainnya tidak ada yang terlalu menjadi sorotan. Kabar baiknya, Vivo handphone Vivo Y53 ini menggunakan slot non-hybrid. Jadi, Anda bisa memasang microSD dan dual SIM sekaligus tanpa mengorbankan salah satunya. Secara keseluruhan tampilan Vivo Y53 ini memang cukup menarik.

Berikutnya kita beralih ke sektor layar. Dengan bentang layar 5.0 inci, Anda bisa menikmati gambar dan video berkualitas qHD dengan resolusi 540 x 960 piksel. Jika dibandingkan dengan beberapa produk keluaran Vivo sebelum atau setelahnya, mungkin Y53 ini memang lebih kecil. Namun ukuran layar 5.0 inci dinilai sudah cukup, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Kecuali sebelumnya Anda biasa menggunakan smartphone dengan layar 5.5 inci ke atas.

Adapun layar yang diusung pada Vivo Y53 ini adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang didukung 16 juta warna. Meski tidak dilengkapi Gorilla Glass atau Dragontrail, namun sudah ada screen protector bawaan yang tetap bisa melindungi layar.

Nah, yang tak kalah penting adalah spesifikasi yang mendukung performa. Vivo Y53 dibekali prosesor dari Qualcomm MSM8917 Quad-core berkecepatan 1.4 GHz Coretex-A53 dari Snapdragon.. Ditambah dengan Adreno 306 untuk perangkat pengolah grafisnya. Spesifikasi yang hampir mirip juga dapat Anda temukan pada Xiaomi Redmi 5A.

RAM yang diusung memang hanya 2GB, namun prosesor berkecepatan 1.4 GHz dinilai sudah cukup baik untuk mengoperasikan berbagai aplikasi dan game. Terdapat pula penyimpanan internal seluas 16 GB dan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan hingga 256 GB.

Menariknya, Vivo mencoba menggunakan sistem operasi mereka sendiri, yang masih mengadaptasi Android. Y53 dioperasikan dengan sistem operasi Funtouch 3.0 yang berbasis Android 6.1 Marshmallow. Dari hasil pengujian di Antutu Benchmark, performa handphone Vivo Y53 ini mendapatkan poin lebih dari 36.000.

Tidak Terlalu Menonjolkan Kamera

Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi, Vivo memang tidak menonjolkan kualitas kamera seperti pada produk-produk mereka yang lain. Vivo Y53 hanya dibekali rear camera berkemampuan 8 MP (f/2.0) dan kamera selfie 5 MP (f/2.2). Terbilang sangat standar jika dibandingkan dengan smartphone Vivo kebanyakan. Namun cukup baik untuk smartphone yang harganya di bawah Rp2 jutaan.

Sayangnya, semua spesifikasi di atas hanya ditopang oleh baterai berkapasitas 2.500 mAh saja. Walaupun disebut-sebut mampu bertahan hingga 8 jam, namun masih terbilang boros untuk beberapa macam aktivitas smartphone.

Kesimpulannya, Vivo Y53 sudah cukup baik untuk melakukan berbagai hal mulai dari chat, bermain game ringan atau melakukan multitasking. Dari segi harga pun sepertinya sama sekali tidak ada masalah. Saat ini Vivo Y53 dibanderol dengan harga mulai Rp1,4 jutaan di sejumlah situs e-commerce.

Apabila Anda ingin membandingkan harga agar mendapatkan referensi harga termurah dan produk yang berkualitas, klik saja situs Bhinneka.com. Cari handphone Vivo Y53 yang Anda inginkan dari penjual terpercaya.