Seperti Inilah Manfaat Senam Aerobik

Simpel, 5 Gerakan Senam ini Bikin Vagina Rapat dan Kencang

Sebagaimana yang diketahui bahwa senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang populer sekarang ini. Dimana, senam aerobik sering diselenggarakan baik di kota maupun pedesaan. Senam aerobik ini sering diidentikan dengan olahraga yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Namun bukan hanya itu saja manfaat dari senam aerobik ini, karena manfaat senam aerobik ini sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Sebelum mengetahui manfaat senam aerobik lainnya, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu definisi dari senam aerobik tersebut.

Pengertian Senam Aerobik

Perlu diketahui bahwa aerobik adalah semua jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung. Jadi, pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara terus menerus bisa disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk bersepeda, berenang dan berlari. Namun, olahraga aerobik yang paling populer di Indonesia adalah senam aerobik. 

Dari segi pengertian, senam aerobik ini adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Dimana, gerakan senam aerobik ini dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung meningkat. Berbeda dengan gerakan tari, gerakan senam aerobik ini selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringnya. 

Manfaat Senam Aerobik

Salah satu manfaat dari berolahraga adalah untuk menjaga kebugaran tubuh, begitu juga dengan senam aerobik. Namun setiap olahraga ini tentunya memiliki manfaat yang spesifik jika dilakukan secara rutin. Lalu apa saja manfaat dari senam aerobik ini? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 

  1. Menurunkan Kolesterol

Selain untuk menurunkan berat badan, senam aerobik juga bisa menurunkan kolesterol. Dimana, senam aerobik ini dapat meningkatkan kerja jantung sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh akan lebih banyak. Tentunya hal ini bisa memperlancar peredaran darah sehingga kolesterol jahat tidak menumpuk pada pembuluh darah.

  1. Mengurangi Risiko Darah Tinggi

Manfaat senam aerobik berikutnya adalah dapat mengurangi risiko darah tinggi. Selain dapat menurunkan kolesterol, lancarnya peredaran darah serta aliran oksigen ke seluruh tubuh juga bisa menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi. Karena bagaimanapun kolesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena bisa memicu berbagai penyakit lainnya.

  1. Mengurangi Stres

Manfaat lainnya dari senam aerobik adalah bisa mengurangi stres dan membuat anda lebih bahagia. Pada saat melakukan senam aerobik, tubuh anda akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuat anda lebih bahagia. Selain itu, senam aerobik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan juga fungsi otak sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya depresi. 

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Gerakan yang ada pada senam aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh, sehingga senam aerobik ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otot. Selain itu, aliran darah yang lebih lancar serta suplai oksigen ke otot yang lebih lancar juga bisa membantu otot terhindar dari asam laktat. 

  1. Dapat Melatih Tulang dan Sendi

Bukan hanya bisa menyehatkan otot, namun senam aerobik ini juga bisa melatih tulang dan sendi. Seiiring bertambahnya usia seseorang, maka tulang dan sendi akan semakin rapuh. Oleh karena itu, sejak usia muda anda harus rajin untuk melatih otot serta sendi supaya menjadi lebih kuat, salah satu caranya adalah dengan melakukan senam aerobik/kardio. 

  1. Melatih Pernapasan

Manfaat terakhir senam aerobik adalah bisa membuat pernapasan anda lebih baik. Dimana dengan melakukan senam aerobik secara rutin bisa melatih pernapasan agar anda tidak mudah kehabisan napas setiap melakukan aktivitas.