MAKANAN KHAS DARI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggoda


Indonesia memang terkenal sekali akan aneka makanan khsa yang di milikinya, hal itu didukung dari negeri kita yang merupakan penghasil rempah rempah terbesar di asia. Selain padang yang terkenal dengan rendang nya, dan juga jogja yang terkenal akan makanan khas gudeg nya, kalimantan timur pun tak mau kalah akan sajian dan makanan khas yang di milikinya, penasaran makanan apa saja yang mempunyai citarasa lezat dari provinsi kalimantan timur, langsung saja kita simak makanan khas dari kalimantan timur menurut kumpulan artikel seputar kuliner.
1. NASI KUNING
Makanan khas kalimantan timur yang pertama adalah nasi kuning, siapa sangka kalau makanan tersebut berasal dari kalimantan timur, nasi kuning yang terbuat dari beras yang di masak dan di campur dengan rempah rempah seperti antara lain, kunyit, santan dan bahan bahan lainya, citarasa nasi kuning memang sudah tidak diragukan lagi, makanan ini sangat cocok bila menyantapnya sedang bersama keluarga, citarasa gurih akan menambah hangatnya kebersamaan.
2. AYAM CINCANE
Makanan khas dari provinsi kalimantan timur yang kedua adalah ayam cincane, pada zaman dulu makanan khas kalimantan timur yang satu ini hanya di hidangkan dalam acara acara penting seperti, pernikahan, dan acara lahiran, citarasa yang tersaji dari ayam cincane pun sangatlah enak, dengan perpaduan rempah rempah dan di racik langsung oleh masyrakat asli kalimantan menambah lezatnya makanan khas kalimantan timur yang satu ini.
3. NASI BAKEPOY
Dan kuliner khas dari kalimantan timur selanjutnya adalah nasi bakepoy, terdiri dari bahan bahan dasar seperti nasi putih yang di campur dengan rempah rempah, lalu di masak dengan alat masak khas kalimantan timur, menjadikan makanan ini sebagai primadona para pengunjung dari luar daerah kalimantan timur.
4. SATE PAYAU
Di kalimantan timur ada salah satu makanan unik yang terbuat dari daging rusa yaitu bernama sate payau, sate ini memiliki citarasa gurih dan pedas yang sangat menggugah selera, banyak sekali para pengunjung dari luar daerah yang rela bolak balik hanya untuk membeli dan memakan makanan khas dari kalimantan timur yang satu ini.
5. AMPLANG
Nah kalau kamu bingung ingin membawa oleh oleh khas apa dari kalimantan timur, jangan khawatir karna kalimantan timur mempunyai makanan khas yang bisa anda bawa pulang dengan praktis yaitu amplang, terbuat dari daging ikan, amplang mempunyai citarasa gurih dan pedas yang pastinya sangatlah lezat.
6. BUBUR PEDAS
Makanan khas dari kalimantan timur selanjutnya adalah bubur pedas, dari namanya saja sudah sangat menggugah selera makan bukan? Makanan khas dari kalimantan timur ini, terbuat dari bahan bahan dasar seperti, cabe, ketumbar, lada hitam, lengkuas dan masih banyak bahan yang lainya, citarasanya pun begitu lezat yang lebih dominan dengan rasa pedas dan gurih.
7. GENCE RUAN
Dan makanan khas dari kalimantan timur yang terakhir adalah gence ruan, terbuat dari ikan gabus yang di satupadukan dengan rempah rempah yang di racik khusus oleh penduduk asli, gence ruan memiliki citarasa yang begitu lezat dengan rasa dominan pedas manis yang sangat menguggah selera makan anda.

Nah itu tadi contoh contoh makanan dan masakan khas dari kalimantan timur yang memiliki citarasa lezat dan enak, sebenarnya masih banyak sekali makanan dan masakan khas dari kalimantan timur yang tidak kalah enak dengan contoh diatas.