Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Jual Beli Ban Mobil

Salah satu bagian paling penting untuk diperhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh adalah ban mobil. Jika kondisi ban terlihat buruk atau tipis hingga tidak terlihat lagi alur ban, maka kendaraan tersebut tidak lagi bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Jika dipaksakan pun, kecepatan kendaraan tidak akan bisa maksimal. Bukan hanya itu saja, kondisi jalan yang rusah juga sangat berbahaya dilalui jika ketebalan ban tidak lagi dalam kondisi baik.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diingkan, penting sekali untuk mengganti jenis ban mobil agar perjalanan trasa lebih nyaman dan aman sekalipun harus menmepuh perjalanan jauh. Nah, kira-kira ban mobil seperti apa yang harus terpasnag pada mobil anda saat akan menempuh perjalanan jauh atau untuk touring misalnya. Simak dulu yuk artikel ini.

Jenis-Jenis Ban Mobil

  • Ban Untuk Touring Jalan Beraspal

Jika anda sudah tahu jalanan yang akan ditempuh sekitar 90 persennya merupakan jalanan beraspal, maka dapat dipastikan ban mobil tipe High Terrain inilah yang paling cocok. Ban jenis ini memang di desain khusus untuk pemakaian jalan aspal sehingga alur atau motifnya pun lebih halus. Ban jenis ini cocok digunakan pada mobil MPV. Salah satu merek ban yang memiliki tipe ban mobil ini adalah Hankook Dynapro. Yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan diameter pada pelk ban sesuai dengan lingkaran dalam ban mobil.

  • Ban Untuk Jalan Berkerikil Dan Berair

Tipe ban mobil All Terrain merupakan jenis yang paling direkomendasikan jika anda akan menempuh perjalanan dengan kondisi jalan yang berkerikil dengan beberapa kubangan air atau jalan yang lembab. Karena, ban ini memiliki tekstur dan desain untuk pemakaian di tanah, jalan berair, maupun kerikil. Namun jenis ban ini tidak mumpuni untuk digunakan pada medan berat seperti offroad. Ban tipe ini juga masih bisa digunakan pada jalanan beraspal namun akan terdengar suara tapak ban yang lebih keras karena alur pada ban ini lebih lebar.

  • Untuk Perjalanan Dengan Jalur Ekstrim

Jika anda akan menempuh perjalanan dengan jalur yang berbatu, berlumpur dan berpasir, maka tipe Mud Terrain bisa menjadi pilihannya. Harga ban mobil ini memang sedikit mahal dengan  tekstur nya yang sangat mirip dengan ban motor trail yang juga bisa digunakan pada jalanan beraspal. Perlu juga untuk memperhatikan kecepatan ketika menggunakan jenis ban ini. Sangat penting untuk mengendarai kendaraan tidak dalam kecepatan tinggi, karena daya cengkram pada jenis ban ini berbeda dengan tipe ban lainnya.

Di mana pada jenis ini terasa lebih licin saat berkendara di jalanan beraspal dalam kecepatan tinggi. Apalagi jika aspal tersebut dalam keadaan basah, sangat berbahaya sekali jika memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Semua tipe ban di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harga ban mobil di atas pun juga berbeda-beda.  Walaupun sudah memilih ban mobil yang tepat, pastikan untuk mengecek kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Hindari juga mengkonsumsi alkohol atau hal lain yang dapat merusak konsentrasi anda dalam berkendara.

Karena semahal apapun harga ban mobil yang dibeli tidak akan berguna jika kita semabarangan dalam menyetir atau mengendarai kendaraan. Jangan sampai kita merugikan atau mebahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain karena asal dan lalai dalam berkendara. Jika menempuh perjalanan jauh, apstikan juga untuk membawa perbekalan yang cukup.

Kirim Ban Mobil Menggunakan Cargo Terbaik

Bagi kamu yang hendak membuka sebuah bengkel ataupun grosir Ban. Tentu banyak sekali hal yang harus di pertimbangkan. Baik dari segi bisnis, distributor, lokasi strategis, hingga logistik yang hendak Anda gunakan.

Hal tersebut dikarenakan, logistik adalah salah satu peranan penting bagi Anda seorang pengusaha. Dengan memilih jasa pengiriman cargo terbaik, Anda tidak akan mengalami keterlambatan dalam pengiriman. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menggunakan SERA dari Astra yang sudah terpercaya.